Kamis, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Kamis, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Zakat Fitrah Dompet Dhuafa Disalurkan ke Desa-Desa

Kamis 14 Jun 2018 10:07 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani

Zakat Fitrah

Zakat Fitrah

Foto: republika
Sebanyak 11 sepeda motor trail mengangkut dan membagikan beras zakat fitrah ke 6 desa

REPUBLIKA.CO.ID,  ACEH TENGAH -- Sebanyak 11 sepeda motor trail mengangkut dan membagikan beras zakat fitrah ke enam desa di Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah pada Senin (11/6). Beras zakat fitrah tersebut berasal dari para donatur Dompet Dhuafa.

Ketua Koperasi Musara Pakat Jaluk Kecamatan Ketol, Muliadi Halil mengatakan, beras zakat fitrah yang dibagikan berasal dari program Tebar Zakat Fitrah di Dompet Dhuafa. Beras zakat fitrah tersebut disalurkan melalui Koperasi Musara Pakat Jaluk Kecamatan Ketol ke 300 kepala rumah tangga.

"Kita salurkan ke 300 kepala rumah tangga penerima zakat, yang tersebar di enam desa di Kecamatan Ketol, yakni Desa Bah, Serempah, Pantan Penyo, Jaluk Induk, Jaluk Tengah, Jaluk Timur," kata Muliadi kepada Republika, Rabu (13/6).

Ia menceritakan, jalan menuju desa-desa di Kecamatan Ketol sangat rumit dan banyak turunan serta tanjakan karena berada di daerah perbukitan. Maka sebanyak 11 sepeda motor trail dari Komunitas Trail Ketol (KTL Adventure) membantu menyalurkan beras zakat fitrah tersebut.

Ia menerangkan, untuk menuju ke rumah warga penerima zakat fitrah harus melewati jalan tanah yang berbatu, semak belukar dan bekas longsoran. Maka sepeda motor trail menjadi kendaraan yang pas untuk menghadapi medan tersebut.

"Saat membagikan beras zakat fitrah menggunakan sepeda motor trail juga menjadi hiburan bagi masyarakat dan anak-anak di desa, mereka sangat senang melihat motor trail beramai-ramai melintas dan masuk ke desanya," ujarnya.

Muliadi mengungkapkan, saat mengangkut beras memang tidak mudah mengingat medan jalannya yang cukup sulit. Di tambah cuaca sangat panas karena sudah memasuki musim kemarau. Selain itu para pengendara sepeda motor trail sedang melaksanakan ibadah puasa.

Ia menyampaikan, alhamdulillah meski sangat panas dan lelah menyalurkan beras ke ratusan kepala keluarga, para pengendara tetap melaksanakan ibadah puasa. Lelah tersebut hilang seketika saat membagikan beras zakat fitrah dari Dompet Dhuafa ke orang-orang di desa.

"Kami merasa semua kelelahan ini terobati melihat senyuman masyarakat dan kebahagiaan mereka saat mendapatkan sentuhan zakat dari para donatur Dompet Dhuafa," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, kepercayaan Dompet Dhuafa kepada Koperasi Musara Pakat Jaluk Kecamatan Ketol merupakan suatu kehormatan. Setiap kegiatan atau program dari Dompet Dhuafa, dikatakan Muliadi, pihaknya selalu siap mendukung dan melaksanakannya.

"Siap menjaga amanah dan kepercayaan serta menyampaikan kepada yang berhak menerimanya sampai ke pelosok desa, semoga Dompet Dhuafa semakin jaya, Dompet Dhuafa terpercaya oleh para donatur," terangnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES