Sabtu, 9 Syawwal 1439 / 23 Juni 2018

Sabtu, 9 Syawwal 1439 / 23 Juni 2018

ACT Kirim Humanity Food Van ke Pengungsian Merapi

Rabu 23 Mei 2018 12:35 WIB

Red: Andi Nur Aminah

 Humanity Food Truck ACT, truk  besar yang disulap menjadi dapur masak umum.

Humanity Food Truck ACT, truk besar yang disulap menjadi dapur masak umum.

Foto: Dok ACT
ACT menyalurkan ratusan paket makanan siap santap untuk berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Suasana gelap total, saat itu terdengar suara dentuman dan terlihat kilatan di puncak kawah Gunung Merapi pada Selasa (22/5) sekitar pukul 01.47 WIB. Saat itu sebagian besar warga di lereng Merapi Yogyakarta sedang bergegas menyiapkan menu santap sahur di rumah masing-masing.

Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Yogyakarta, Agus Budi mengatakan, dentuman Merapi berlangsung sekitar tiga menit Akibatnya, warga harus mengungsi. Santap sahur pun terpaksa dituntaskan di barak-barak pengungsian. "Hingga Selasa dini hari, BPBD mencatat jumlah pengungsian di sembilan titik aman mencapai 1.522 warga," kata Agus melalui keterangan tertulis kepada Republika.co.id, Rabu (23/5).

Ia menyampaikan, tim Emergency Response ACT telah bergerak ke lereng Merapi untuk mendistribusikan masker bagi para pengungsi di barak-barak. Hari ini Humanity Food Van ACT juga akan ke lereng Merapi membawa ratusan paket makanan siap santap untuk berbuka puasa.

Humanity Food Van merupakan dapur umum berjalan yang dimiliki ACT Yogyakarta. Mereka akan memberikan kebutuhan pangan bagi masyarakat kurang mampu. Seperti diketahui tiga kecamatan di Kabupaten Sleman dilaporkan terus menerus mengalami hujan abu sejak Senin dini hari. "Wilayah tersebut meliputi Kecamatan Cangkringan, Pakem dan Ngemplak, hujan abu juga dilaporkan turun tipis di sepanjang Jalan Kaliurang," ujarnya.

ACT menyampaikan, pergerakan pengungsi paling banyak tercatat berada di SD Sanjaya Tritis/Turgo yang mencapai 510 jiwa. Kemudian di Desa Glagaharjo dengan jumlah pengungsi mencapai 371 jiwa.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES