Tuesday, 5 Syawwal 1439 / 19 June 2018

Tuesday, 5 Syawwal 1439 / 19 June 2018

Baznas Buka Dapur Umum Bantu Korban Bencana Kuningan

Ahad 25 February 2018 06:27 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Israr Itah

Ahmad Fikri (kiri)

Ahmad Fikri (kiri)

Foto: republika/Iman Firmansyah
Baznas membuka tiga dapur umum membantu masyarakat terdampak bencana di Kuningan.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanggap Bencana (BTB) membuka dapur umum di sejumlah daerah yang dilanda bencana alam banjir dan longsor. Baznas menerjunkan satu tim respons Banjir ke Kabupaten Kuningan. Baznas juga menerjunkan tim respon banjir serta tim respons longsor ke Kabupaten Brebes.

Direktur Baznas Tanggap Bencana Ahmad Fikri mengatakan, Baznas telah membuka tiga dapur umum untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Sebab, masyarakat yang terdampak banjir saat ini sangat membutuhkan dapur umum.

"Satu dapur umum menyediakan 800 sampai dengan 1.000 paket makanan setiap harinya," kata Fikri kepada Republika.co.id, Sabtu (24/2) malam.

Ia menerangkan, dapur umum dibuat oleh warga, mereka secara sukarela menjadi relawan Baznas untuk mendirikan dapur umum. Kemudian Baznas membantu menyediakan dana, logistik dan menu makanan untuk memenuhi kebutuhan dapur umum melayani warga yang terdampak bencana.

Lokasi dapur umum yang dibuka Baznas Tanggap Bencana bersama relawan berada di SMPN 1 Cijemit, Desa Cijemit, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan. Kemudian di Desa Kaduagung dan Desa Margacina, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan.

"Jadi Baznas pusat menerjunkan tim ke lokasi bencana, kemudian dibantu oleh Baznas daerah kabupaten/ kota dan relawan (warga)," ujarnya.

Di Kabupaten Brebes, Fikri menyampaikan, Baznas melakukan penyemprotan desinfektan di beberapa sekolah. Juga mendistribusikan sekitar 800 porsi makan siang untuk warga yang terdampak banjir dan longsor di sejumlah desa. Kemudian memberi layanan kesehatan kepada ratusan warga terdampak bencana, dan mendistribusikan peralatan kebersihan.

Baznas Tanggap Bencana sudah ada di 15 provinsi. Provinsi yang sudah memiliki Baznas Tanggap Bencana jika terjadi bencana maka tim dari Baznas Tanggap Bencana langsung menerjunkan timnya. Tim akan melakukan respon awal membantu warga yang terdampak bencana.

"Saat ini, Baznas Tanggap Bencana masih aktif membantu masyarakat di Kuningan, Berebes, Losari, Semarang, Jombang, Cilacap, Semarang, Tuban," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Seniman Sunda Pukau Warga Inggris

Selasa , 19 June 2018, 22:55 WIB