Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Baznas Singkawang Distribusikan Zakat pada Mualaf

Rabu 21 February 2018 03:20 WIB

Red: Esthi Maharani

Mualaf

Mualaf

Ada 200 orang mualaf yang menerima bantuan dari Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Singkawang kembali mendistribusikan zakat tahap 1 tahun 2017 kepada ratusan Mualaf, di Gedung Arafah Komplek Mesjid Agung Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Selasa (20/2). Pendistribusian itu dihadiri Staf Ahli Wali Kota Singkawang Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Agus Prayitno dan berkesempatan untuk menyerahkan zakat itu secara simbolis kepada mualaf.

Ketua Baznas Kota Singkawang, H Mahmudi mengatakan, para mualaf yang menerima bantuan ini ada sebanyak 200 orang yang meliputi lima kecamatan di Kota Singkawang.

"Pendistribusiannya kita bagi menjadi tiga kegiatan, pertama di Gedung Arafah, kemudian besok di Aula Rumah Sakit Jiwa dan besoknya lagi di mesjid Kelurahan Sagatani Kecamatan Singkawang Selatan," katanya.

Masing-masing Mualaf, katanya, akan mendapatkan satu bingkisan yang berisikan indomie, beras, minyak goreng, dan susu ditambah uang transport sebesar Rp100 ribu.

Secara keseluruhan, pihaknya telah mendistribusikan zakat tahap 1 tahun 2017 sebesar Rp797.900.000. Pendistribusian itu, katanya, diberikan kepada fakir miskin (dhuafa), bantuan beasiswa miskin berprestasi, enam panti asuhan se-Kota Singkawang dan bedah rumah sebanyak 11 unit.

"Kemudian bantuan modal usaha berupa pembuatan gerobak dorong (tempat penjualan), rumah tahfiz, sunatan massal bagi anak orangtua tidak mampu, juga memberikan bantuan kepada orang sakit Kanker, dan membantu orang yang dililit hutang yang dikarenakan tidak ada tempat tinggal karena kontraknya habis," ujarnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan sudah sesuai dengan misi Baznas Singkawang, pertama, meningkatkan kesadaran berzakat, infak dan sadakah. Kedua, meningkatkan sistem manajemen modern yang profesional. Ketiga, meningkatkan tata kelola zakat yang akuntabel.

"Keempat, meningkatkan peran Baznas Kota Singkawang dalam menanggulangi kemiskinan dan kemasyarakatan umat di Kota Singkawang," jelasnya.

Staf Ahli Wali Kota Singkawang Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Agus Prayitno mengatakan, penyaluran zakat yang dilakukan Baznas Singkawang diharapkan tepat sasaran dan tepat manfaat.

"Penyaluran zakat yang dilakukan Baznas Singkawang diharapkan tepat sasaran dan tepat manfaat," katanya.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Spanyol Taklukkan Iran 1-0

Kamis , 21 June 2018, 03:21 WIB