Sabtu, 9 Syawwal 1439 / 23 Juni 2018

Sabtu, 9 Syawwal 1439 / 23 Juni 2018

Calon Haji Diminta Waspada Virus Ebola

Senin 25 Agustus 2014 06:42 WIB

Red: Hazliansyah

Petugas PBB tengah sosialisasikan informasi tentang pencegahan penyebaran virus ebola.

Petugas PBB tengah sosialisasikan informasi tentang pencegahan penyebaran virus ebola.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Ketua Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Kota Bandarlampung Tobroni Harun mengingatkan para calon haji harus mewaspadai penyebaran Virus Ebola (EVD) yang sangat berbahaya dan bisa mematikan.

"Para calon haji harus mewaspadai Virus MERS dan Ebola, mengingat virus MERS-CoV telah menyebar di 21 negara terutama Timur Tengah, termasuk Arab Saudi," kata Tobroni yang juga Wakil Wali Kota di Bandarlampung, Senin.

Dia manyatakan bahwa kemungkinan para jemaah haji dapat tertular Ebola dari jemaah haji asal Afrika Barat, yakni Liberia, Guinea, Nigeria, dan Sierra Leone, sehingga perlu ditingkatkan kewaspadaan dini.

Tobroni juga mengingatkan perlu perhatian khusus dari dinas terkait untuk dapat mencegah serta menjaga stamina dan kesehatan para jemaah haji, seperti memberikan suntikan vaksinasi yang diperlukan oleh Dinas Kesehatan setempat.

"Calon haji harus tetap berjaga dan waspada sebab Virus Ebola ditularkan kepada orang lain melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi melalui darah dan cairan tubuh. Juga dapat tertular melalui paparan benda, seperti jarum yang telah terkontaminasi sekresi dari orang yang terinfeksi sebelumnya," katanya.

Sebanyak 1.408 calon haji di Kota Bandarlampung akan menunaikan ibadah haji tahun 2014 yang akan mulai diberangkatkan tanggal 14 September ini.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES