Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Berburu Kurma di Pasar Buah Kakiyah (1)

Senin 08 Oct 2012 09:49 WIB

Rep: Heri Ruslan dari Makkah/ Red: Dewi Mardiani

Kurma

Kurma

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID,  Kurma, buah khas Jazirah Arab ini banyak dicari jamaah calon haji Indonesia selama berada di dua Kota Suci, Madinah dan Makkah. Jenis yang paling banyak diburu adalah kurma Ajwa alias kurma Rasulullah SAW.

Ingin membeli aneka kurma dengan harga miring? Datanglah ke Pasar Buah Kakiyah, berjarak 20 kilometer dari Makkah. Di pasar yang letaknya dekat dengan pasar hewan Kakiyah itu tersedia aneka jenis kurma.

‘’Ada 740 jenis kurma,’’ ujar Abdul Hamid pedagang kurma di kios Tumur Al-Qasim, Pasar Buah Kakiyah. Menurut dia, di antara ratusan kurma  yang ada itu yang terbaik dan paling mahal adalah Ajwa alias Kurma Rasulullah SAW.

Di pasar ini, harga kurma Ajwa sangat miring. Pedagang kurma di sekitar Jabal Uhud, Madinah menjual sekilo harga kurma Rasulullah  mencapai 100 riyal per kilogram. ‘’Di sini, demi umat Islam dari Indonesia, saya jual kurma Ajwa 70 riyal per kilogram,’’ ungkap Abdul Hamid sembari tersenyum.

Ya, harga kurma di sini jauh lebih murah dibandingkan daerah asalnya Madinah. Hamid mengungkapkan, selama musim haji biasanya ia mampu menjual kurma hingga 20 ribu kilo. Meski permintaan melonjak, para pedagang kurma di pasar ini tak menaikkah harga.

‘’Tadi malam ada satu bus haji dari Indonesia datang ke sini, mereka memborong kurma di sini,’’ tutur Hamid. Tak hanya dari Indonesia, jamaah dari berbagai negara seperti Pakistan, India, Malaysia, Bangladesh juga biasa memberi kurma di Pasar Buah Kakiyah. ‘’Jamaah haji dari Amerika pun beli di sini.’’

Hamid tampak senang mendapat kunjungan dari rombongan Media Center Haji daerah kerja Makkah. Ia tampak senang sekali difoto. Berkali-kali, pria yang mengaku berasal dari Mesir ini mengambil aneka jenis kurma dan membagikannya kepada kami.

Para pedagang kurma di  Pasar Buah Kakiyah begitu ramah. Acungkan saja jempol, mereka akan tersenyum. ‘’Indonesia ... mabrur,’’ ujar para pedagang kurma itu menyapa saya dan rombongan.

Beragama jenis kurma ditawarkan di Pasar Kakiyah. Mulai kurma mentah yang masih mentah hingga kue olahan kurma.  Kurma yang paling murah dijual seharga 7 riyal per kilogram untuk jenis Ambar.  Sedamgkan, kurma termahal adalah Ajwa yang berwarna kehitaman dan ukurannya sebasar jempol tangan dewasa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA