Rabu, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 Februari 2019

Rabu, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 Februari 2019

Lantai Lima Jembatan untuk Lempar Jumrah Siap Digunakan Jamaah Haji

Senin 25 Okt 2010 06:20 WIB

Rep: Arab News/ Red: Budi Raharjo

Lempar Jumrah

Lempar Jumrah

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID,JEDDAH--Lantai kelima dari jembatan Jumrah yang sarat teknologi canggih di Mina akan dibuka bagi jamaah haji musim ini. ''Pembukaan lantai kelima jembatan itu untuk memudahkan jamaah haji menjalankan ibadah lempar jumrah,'' ujar Habeeb Zainul Abideen, Deputi Menteri Urusan Kota dan Pedesaan Arab Saudi, Ahad (24/10).

Abideen menggambarkan ibadah haji sebagai pertemuan terbesar orang-orang di seluruh dunia. Menurutnya, pemerintah Saudi telah berupaya untuk menghindari insiden yang bisa muncul selama pelaksanaan haji.

Abideen mengatakan, terkadang perilaku yang tak bertanggung jawab dari jamaah menyebabkan masalah bagi pengelola haji dan jamaah sendiri. Karena itu, dia meminta para jamaah untuk mengikuti petunjuk keselamatan.

Ada sekitar 90 kamera yang dipasang secara menyebar di jembatan jumrah untuk menghindari penumpukan jamaah. Kamera ini akan memberikan informasi gambar bagi pengelola haji untuk menilai berapa banyak jamaah yan bisa melalui setiap lantai jembatan untuk lempar jumrah ini. ''Kami juga telah mengatur kendaraan yang membawa jamaah dengan kebutuhan khusus agar membantu mereka jumrah tanpa kesulitan apapun,'' tuturnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES