Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Kelompok Ternak Binaan Rumah Zakat Buat Pakan Sendiri

Selasa 16 Apr 2019 14:45 WIB

Red: Gita Amanda

Kelompok ternak di Desa Berdaya sedang membuat lakan ternak sendiri untuk menghemat.

Kelompok ternak di Desa Berdaya sedang membuat lakan ternak sendiri untuk menghemat.

Foto: Rumah Zakat
Fasilitator Rumah Zakat terus melakukan monitoring dan pembinaan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKARAJA -- Fasilitator Desa Berdaya Sukaraja melakukan monitoring dan pembinaan kelompok ternak. Monitoring dilakukan sebagai bentuk penguatan dan pendampingan dalam memelihara ayam kampung yang dilaksanakan oleh anggota kelompok ternak.

Dalam monitoring ini juga dilaksanakan pembinaan pembuatan pakan fermentasi. Tujuan pembuatan pakan fermentasi yaitu untuk meningkatkan nilai tercerna pakan, sehingga nutrisi pakan yang diserap lebih optimal dan diharapkan produktivitas meningkat.

Pembuatan pakan fermentasi berasal dari bahan yang tersedia dilingkungan sekitar yaitu dedak. Langkah pembuatannya yaitu membuat larutan air satu liter dicampur dengan gula pasir 5-6 sendok dan probiotik satu tutup botol diaduk secara merata.

Larutan yang sudah dibuat dituangkan ke dalam dedak sebanyak lima kilogram (kg), diaduk aduk secara merata. Setelah tercampur merata bahan fermentasi dimasukan ke dalam plastik, diikat rapat dan disimpan agar terjadi proses fermentasi.

"Kami sekarang sedang memelihara 100 ekor mudah mudahan dengan pembuatan pakan fermentasi bisa mengurangi pakan dari pabrik," ujar Asep salah satu anggota kelompok seperti dalam siaran pers Rumah Zakat.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA