Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Desa Berdaya, Berdayakan Pemuda dengan Kegiatan Positif

Sabtu 07 Jul 2018 15:15 WIB

Red: Ani Nursalikah

Pembinaan langsung yang dilakukan Rumah Zakat dalam program Desa Berdaya di Suci, Panti.

Pembinaan langsung yang dilakukan Rumah Zakat dalam program Desa Berdaya di Suci, Panti.

Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat memfasilitasi kegiatan pemuda.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Menjelang malam hari, belasan remaja dan pemuda tengah berkumpul di salah satu rumah warga di RT 01 RW 03, Desa Suci Jember, Jawa Timur. Berkumpulnya mereka untuk membicarakan hal yang serius, yakni evaluasi kegiatan Ekspedisi Ramadhan yang digelar awal Juni 2018.

Kegiatan yang digelar secara swadaya oleh pemuda ini adalah salah satu bentuk pembinaan langsung yang dilakukan Rumah Zakat dalam program Desa Berdaya di Suci, Panti. Bentuk pembinaan ini dilakukan agar mereka semakin cakap dalam membuat suatu kegiatan sekaligus melatih keterampilan bekerja sama dalam tim.

“Kita ini latihan, ada banyak kendala dalam acara itu wajar, tapi harus kita ambil pelajaran darinya agar tidak terulang lagi di kemudian hari”, ucap Hendrik, ketua panitia acara tersebut.

Dalam agenda pertemuan evaluasi pada malam hari itu, dibahas pula rencana kegiatan ke depan, termasuk kegiatan rutin pemuda yakni arisan dan majelis taklim, khotmil Quran dan bakti lingkungan, serta rencana kegiatan insidental peringatan Hari Kemerdekaan RI pada Agustus 2018.

Selain evaluasi dan rencana kegiatan, pada pertemuan itu, pemuda juga dibekali dengan materi kepemimpinan dan manajemen tim oleh Fasilitator Rumah Zakat. Materi ini diberikan dalam rangka penguatan kader penggerak yang selama ini membantu banyak kegiatan pemberdayaan Rumah Zakat di Desa Suci ini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES