Rabu 02 Feb 2011 23:00 WIB

Muhammadiyah Miliki 155 Perguruan Tinggi di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,MAMUJU--Organisasi masyarakat Muhammadiyah memiliki sekitar 155 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia dan telah menghasilkan puluhan ribu sarjana dari berbagai disiplin ilmu. Sekretaris Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pengurus Pusat Muhammadiyah, Drs Safar Natsir, M,Si di Mamuju, Rabu, mengatakan, organisasi Muhammadiyah yang berdiri sejak 18 November 1912 telah memiliki sekitar 155 perguruan tinggi (PT) diseluruh wilayah Indonesia.

Ia mengatakan, dengan adanya 155 PT milik organisasi Muhammadiyah tersebut telah memberikan andil dan kontribusi besar bagi kemajuan pengetahuan bangsa dari sektor pendidikan. Menurut dia, dari 155 PT yang dimiliki Muhammadiyah sekitar tiga dari PT yang dimiliki Muhammadiyah tersebut merupakan PT yang masuk dalam nominasi perguruan tinggi yang berkualitas dan terbaik dari sekitar 50 perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Itu artinya kata dia, kualitas pendidikan yang telah dibangun organisasi Muhammadiyah sejak didirikan KH Ahmad Dahlan, semakin memberikan andil bagi kemajuan pendidikan dan bangsa ini dari segi kualitas dan mutu pendidikan. Menurut dia, atas andil organisasi Muhammadiyah dibidang pendidikan sejumlah negara didunia memberikan penghargaan kepada Muhammadiyah sebagai organisasi modern yang cukup besar.

"Muhammadiyah dewasa ini telah memfokuskan diri untuk membangun dua bidang yakni bidang pendidikan dan kesehatan bagi kemajuan bangsa, itulah sebabnya Muhammadiyah senantiasa terus mendirikan PT untuk kemajuan pendidikan,"katanya.

Ia mengatakan, dalam mengembangkan pendidikan di tanah air Muhammadiyah tidak hanya meningkatkan keahlian dan keterampilan dari segi pendidikan tetapi juga dapat mempertahankan moral ahlak dan spritual agar bertindak dengan nilai yang baik dimasyarakat.

"PT Muhammadiyah telah berhasil mencetak alumni yang terbaik karena mampu menjadi sosok Mentri di negara ini yakni Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, yang dibesarkan dari salah satu PT Muhammadiyah.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement