Senin 05 Jul 2010 02:11 WIB

Din Usul, Anggota PP Ditambah Enam Orang

Rep: yulianingsih/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengusulkan agar anggota PP Muhammadiyah periode 2010-2015 mendatang ditambah enam orang lagi sehingga bukan hanya 13 orang tetapi menjadi 19 orang. Hal itu diusulkan Din Syamsuddin saat ditanya wartawan disela-sela sidang pleno laporan pertanggungjawaban PP Muhammadiyah di Sportorium UMY, Ahad (4/7).

"Sesuai konstitusi yang berlaku di Muhammadiyah, penambahan itu diperbolehkan," tegasnya. Penambahan itupun menurutnya bisa dilakukan maksimal enam orang dari jumlah anggota PP sebelumnya. Jika itu dilakukan maka juumlah anggota PP bukan 13 orang tetapi menjadi 19 orang. Diakui Din, seiring perkembangan zaman, tantangan yang dihadapai Muhammadiyah untuk ikut memecahkan permasalahan ummat semakin banyak. Agar tugas tersebut teremban dengan baik maka dibutuhkan penambahan anggota PP Muhammadiyah untuk periode berikutnya.

Dalam konstitusi yang berlaku di PP Muhammadiyah kata dia, penambahan anggota itu bisa dilakukan oleh anggota PP Muhammadiyah terpilih untuk periode selanjutnya. Anggota PP menurutnya bermusyawarah dan mengeluarkan surat keputusan untuk penambahan anggota itu. Penambahan anggota itupun menurutnya tidak harus diambil dari 39 calon tetap yang dihasilkan sidang tanwir tetapi bisa diambilkan dari anggota Muhammadiyah lainnya.

Mantan Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Munawar Khalil mengatakan, anggota PP Muhammadiyah periode selanjutnya harusnya mengakomodasi kader muda Muhammadiyah. Akomodasi kader muda Muhammadiyah itupun bukan hanya dalam keanggotaan PP semata tetapi juga melalui personil di majelis yang dibentuknya.

"Kader muda Muhammadiyah banyak dan mereka memiliki kualitas dan kemampuan organisasi yang bagus," terangnya.Menurutnya ke depan anggota PP Muhammadiyah juga harus lebih mementingkan organisasi dan bukan menomorduakan organisasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement