Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Monday, 4 Syawwal 1439 / 18 June 2018

Vera Verinak, Mualaf Ukraina yang Bergelar Hafizah

Kamis 08 March 2018 16:01 WIB

Red: Agung Sasongko

Mualaf tengah berdoa (ilustrasi)

Mualaf tengah berdoa (ilustrasi)

Foto: onislam.net
Sebelum menghafal kitab suci ini, ia memulai dengan belajar bahasa Arab. “

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Setelah memeluk Islam 17 tahun yang lalu, seorang perempuan asal Ukraina, Vera Verinak, akhirnya berhasil menghafal Alquran 30 juz. Prestasi tersebut sekaligus mencatatkan dirinya sebagai Muslimah Ukraina pertama yang menyandang gelar hafizah.

Verinak menuturkan, sebelum menghafal kitab suci ini, ia memulai dengan belajar bahasa Arab. “Dengan begitu, saya pun terbiasa menuliskan ayat-ayat dan menerjemahkan maknanya agar lebih mudah dipahami,” tutur Verinak kepada Aljazeera, seperti dikutip On Islam, Rabu (25/3).

Menurutnya, butuh waktu cukup lama untuk bisa menghafal seluruh isi Alquran. Apalagi, selama proses tersebut, banyak kesibukan lain yang juga mesti dijalaninya. Mulai dari menyelesaikan kuliah, mencari pekerjaan, menikah, hingga mengasuh anak-anak.

Namun, semua kesibukan itu tidak membuat Verinak patah semangat untuk mewujudkan impian menjadi seorang hafizah. “Untunglah, setelah mempelajari bahasa Arab, pusat kebudayaan Islam di Kiev mencoba membantu saya supaya bisa menghafal Alquran dalam waktu sembilan bulan saja,” kata perempuan berusia 35 tahun itu.

Selain menguasai Alquran, Verinak kini juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan dakwah. Selama belasan tahun ini, tidak sedikit orang yang sudah 'diislamkan' oleh Verinak, termasuk ibu dan lima saudaranya.

Keislaman Verinak membawa hidayah bagi para sahabatnya. Salah satunya, Jana, mualaf muda asal Ukraina. “Dia meyakinkan saya bahwa Islam adalah satu-satunya jalan hidup yang baik,” tutur seorang mualaf muda Ukraina, Jana.n ahmad islamy jamil

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES