Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Mengintip Keindahan Shah Cheragh, Masjid Berpantulkan Jutaan Cahaya

Rabu 09 Nov 2016 12:02 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Shah Cheragh, Masjid Bercahaya di Iran.

Shah Cheragh, Masjid Bercahaya di Iran.

Foto: AtlasObscura

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dilihat dari luar, penampilan Masjid ini memang nampak sama seperti kebanyakan Masjid lain di Iran. Tetapi bila Anda mencoba masuk ke dalamnya, pantulan cahaya yang nampak di langit-langit membuat Masjid ini semakin istimewa.

Dilansir laman Boredpanda Rabu (9/11) Shah Cheragh merupakan bangunan yang menyerupai monumen sekaligus Masjid yang terletak di Shiraz, Iran. Masjid ini memiliki arti Raja Cahaya, dan ini terbukti ketika Anda masuk ke dalam Masjid ini.

Pantulan cahaya yang menjadi interior khas Masjid ini berasal dari jutaan pecahan cermin kecil. Pecahan tersebut terkena sinar dan kemudian memantul ke semua arah di dalam Masjid.

Namun masyarakat sekitar percaya dengan sejarah lain di situs ini. Yakni sekitar tahun 900 masehi seorang perantau melihat bangunan yang bersinar dari kejauhan. Ketika dirinya mendekat, dia menemukan sebuah makam yang memancarkan sinar tersebut.

Setelah ditelisik lebih jauh, itu adalah makam seorang tokoh Muslim di Iran. Hingga saat ini bukan hanya menjadi sebuah rumah ibadah, namun situs ini juga marak dikunjungi peziarah di seluruh dunia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA