Kamis, 5 Zulhijjah 1439 / 16 Agustus 2018

Kamis, 5 Zulhijjah 1439 / 16 Agustus 2018

Oman Resmikan Masjid Berarsitektur Mamluk di Wilayat A'Seeb

Kamis 17 Mei 2018 14:47 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andi Nur Aminah

Masjid dengan corak arsitektur Mamluk (ilustrasi)

Masjid dengan corak arsitektur Mamluk (ilustrasi)

Foto: Journeyaroundtheglobe.com
Masjid ini dapat menampung hingga 2.200 jamaah.

REPUBLIKA.CO.ID, MUSCAT -- Oman akan meresmikan Masjid Sayyida Fatima binti Ali di Wilayat A'Seeb. Peresmian masjid tersebut akan dilakukan oleh Yang Mulia Sayyid Shabib bin Taymour Al Said atas perintah dari Yang Mulia Sultan Qaboos bin Said pada Jumat (18/5).

Dilansir di Times of Oman, Kamis (17/5), masjid tersebut dibangun di atas lahan seluas 63 ribu meter persegi dengan luas bangunan 8.100 meter persegi. Di dalam bangunan masjid terdapat ruang shalat utama dengan luas 600 meter persegi. Masjid ini dapat menampung hingga 2.200 jamaah.

Selain ruang shalat utama, ada juga ruang ibadah khusus wanita dengan kapasitas 330 jamaah. Tidak hanya itu, masjid ini juga dilengkapi dengan perpustakaan, sejumlah ruang kelas, aula multi-fungsi, Majlis dan area parkir.

Para pejabat proyek ini sangat menginginkan untuk memberikan identitas khusus pada masjid yang terletak di jalan laut di A'Seeb ini. Karena masjid ini menghubungkan dengan lingkungan geografis dan budaya di daerah sekitarnya.

Pemilihan gaya arsitektur Mamluk digunakan dalam pembangunan masjid ini. Hal itu menyoroti salah satu gaya arsitektur yang paling penting yang digunakan dalam pembangunan banyak masjid dan menyoroti bangunan penting yang masih ada hingga saat ini. Di samping, untuk menyediakan sejumlah detail arsitektural yang digunakan di masa keemasan sejarah.

Masjid Sayyida Fatima menjadi tambahan penting bagi serangkaian masjid yang telah didirikan di seluruh Kesultanan Oman. Masjid ini juga merupakan ciri khas dari periode keberkahan dari Yang Mulia Sultan Qaboos bin Said, yang melayani warga Oman saat ini dan generasi masa depan warga Oman. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES