Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Inilah Masjid Tertua yang Dibangun di Filipina

Ahad 18 Oct 2015 08:14 WIB

Rep: c62/ Red: Nasih Nasrullah

Masjid Syekh Karim Maqdumi

Masjid Syekh Karim Maqdumi

Foto: beautifulmosque.com

REPUBLIKA.CO.ID, Masjid yang terletak di Tubig Indangan, Simunul, Tawi-Tawi, ini didaulat sebagai masjid tertua di Filipina. Masjid yang berdiri pada 1380 M ini, dibangun oleh Syekh Karim al-Makdum, saudagar Arab yang datang dan berdakwah di daerah tersebut.

Masjid ini merupakan pusat penyebaran Islam pertama di tanah Filipina. Beberapa tiangnya yang asli, masih tegak berdiri, berada di dalam bangunan masjid. Pusat Arkeologi Nasional menobatkan situs ini sebagai warisan bersejarah. Sedangkan oleh Museum Nasional Filipina, masjid ini dicatat sebagai kekayaan budaya berupa benda. 

Selain masjid ini, di sejumlah wilayah Filipina, juga terdapat masjid bersejarah lain. Di antaranya Masjid Taluksangay, Zambongan City. Masjid yang dibangun pada 1885 ini menjadi masjid tertua di Mindano Barat dan menjadi pusat penyebaran Islam pertama di daerah tersebut yang dibangun oleh Haji Abdullah Maas Nuno seorang tetua di Moro.

Islam pernah berjaya di Filipina selama beberap dekade, bahkan sempat menjadi agama mayoritas, hingga akhirnya, kini hanya tersisa sekira 5.1 juta Muslim berdasarkan sensus 2010, atau 11 persen dari total keseluruhan populasi negara tersebut.  

Islam sudah hadir di Filipina sebelum kedatangan penjajah Spanyol dan Katolik Roma. Pada abad ke-14, pedagang Muslim di Filipina memperkenalkan Islam di bagian selatan hingga menyebar ke utara hingga Manila. Berabad-abad kemudian, Islam tetap menjadi bagian integral dari sejarah dan budaya negara tersebut, sampai penjajah Eropa menduduki wilayah ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA