Tuesday, 5 Safar 1442 / 22 September 2020

Tuesday, 5 Safar 1442 / 22 September 2020

Lima Rahasia Sukses

Senin 12 Nov 2012 06:58 WIB

Rep: Irwan Kelana/ Red: Chairul Akhmad

Ilustrasi

Ilustrasi

Foto: wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, Ternyata, tidak mudah untuk menggapai sukses. Ada banyak elemen yang harus dipenuhi dan juga tahapan-tahapan yang mesti dilewati. Ingin berhasil, tentu dituntut punya keinginan, niat, tekad, dan komitmen yang tinggi?

Tapi, apakah sederet modal itu cukup untuk mewujudkan impian? Faktanya mengatakan tidak. Pengalaman ini, banyak dibuktikan terutama oleh mereka yang terjun di dunia bisnis. Butuh loncatan-loncatan besar dan terkadang tak lazim. Sebuah keberanian.

Pola pikir untuk orang yang ingin sukses, karenanya, berbeda dengan pola pikir orang biasa. Selisihnya mungkin bisa 180 derajat. Konsep hidup orang yang ingin sukses mengikuti alur otak kanan dan cenderung mengabaikan logika. Pola pikirnya terbuka, berpikir cepat, dan menemukan solusi-solusi yang jitu bagi kelangsungan usahanya.

Di balik rahasia sukses tersebut, terdapat nilai-nilai yang mendasari terbentuknya karakter yang mendorong sukses. Salah satu rahasia itu ialah BSI Model (Beyond Success Individu Model).

Sebuah formulasi sukses yag terdari atas lima konsep yaitu kebahagiaan (happiness), kekuatan mimpi (dream power), pola pikir (mind setting), daya otak kanan (right brain power), dan visi hidup (ultimate goal). Kelima konsep tersebut lantas dikenal dengan BSI Model (Beyond Success Individu)

Selama ini kita didoktrin dengan pepatah “berakit-rakit ke hulu berenang ke tepian”. Paradigma ini harus diubah. Kebahagian itu letaknya di hati. Hadirkan semangat positif dan mensyukuri segala apa yang kita  miliki. Dengan hati yang bahagia maka kita bisa memandang dunia secara luas. Demikian juga tentang kekuatan mimpi.

Bermimpilah yang tinggi. Para pejuang kemerdekaan selalu mengobarkan semangat dengan teriakan “merdeka”. Awalnya itu mimpi, tapi nyatanya bisa terealisasi dengan dukungan usaha. Selanjutnya, ialah pembentukan pola pikir.

Aturlah sedemikian rupa pola pikir kita untuk tampil sebagai pemenang. Kemudian, didukung dengan daya otak kanan. Otak bagian ini menawarkan kreativitas, insting, dan imajinasi. Hukum bagi otak kanan adalah segala hal adalah mungkin. Dan terakhir, tentunya ialah visi hidup.

Keempat elemen tersebut, sulit tercapai bila tak ada visi yang jelas. Buku ini menghadirkan kelima konsep itu melalui penuturan langsung dari lima tokoh yang telah berpengalaman. Sehingga, menambah kuat bobot buku ini.

Judul         : Beyond Success Inspiration
Penulis     : Arvan Pradiansyah, Abdul Kohar, Abdul Basith, Kapten SAR, dan Yulikuspartono
Penerbit  :Noura Books (PT Mizan Publika)
Cetakan   : I, September 2012



BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA