Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Ensiklopedi Hukum Islam: Kitab Al-Barzanji (2-habis)

Selasa 11 Sep 2012 14:22 WIB

Rep: Hannan Putra/ Red: Chairul Akhmad

Kitab Barzanji.

Kitab Barzanji.

Foto: blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, Di dalam Al-Barzanji dilukiskan riwayat hidup Nabi Muhammad SAW dengan bahasa yang indah dalam bentuk puisi serta prosa (nasr) dan kasidah yang sangat menarik perhatian pembaca/pendengarnya. Apalagi yang memahami arti dan maksudnya.

Secara garis besar paparan Al-Barzanji dapat diringkas sebagai berikut.

1. Silsilah Nabi Muhammad SAW adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdul Manaf bin Qusay bin Kilab bin Murrah bin Ka'ab bin Fihr bin Malik bin Nadar bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudarbin Nizar bin Ma'ad bin Adnan.

2. Pada masa kanak-kanaknya banyak kelihatan hal luar biasa pada diri Muhammad SAW, misalnya malaikat membelah dadanya dan mengeluarkan segala kotoran dari dalamnya.

3. Pada masa remajanya, ketika berumur 12 tahun, beliau dibawa pamannya berniaga ke Syam (Suriah). Dalam perjalanan pulang, seorang pendeta melihat tanda-tanda kenabian pada dirinya.

4. Pada waktu berumur 25 tahun beliau melangsungkan pernikahannya dengan Khadijah binti Khuwailid.

5. Pada saat berumur 40 tahun beliau diangkat menjadi rasul. Sejak saat itu beliau menyiarkan agama Islam sampai berumur 62 tahun dalam dua periode, yakni Makkah dan Madinah, dan wafat di Madinah sewaktu berumur 62 tahun setelah dakwahnya dianggap sempurna oleh Allah SWT.

Kitab Al-Barzanji dalam bahasa aslinya (Arab) dibaca di mana-mana pada berbagai kesempatan, antara lain pada peringatan maulid Nabi SAW (hari lahir), upacara pemberian nama bagi seorang anak (bayi), acara khitanan, upacara pernikahan, upacara memasuki rumah baru, berbagai upacara syukuran, dan ritus peralihan lainnya, sebagai sebuah acara ritual yang dianggap dapat meningkatkan iman dan membawa banyak manfaat.

Sumber : Ensiklopedi Hukum Islam
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA