Selasa, 19 Zulhijjah 1440 / 20 Agustus 2019

Selasa, 19 Zulhijjah 1440 / 20 Agustus 2019

Rumah Sakit Bayezid II, Arsitektur Gaya Turki Usmani (2)

Jumat 31 Agu 2012 22:05 WIB

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad

Rumah Sakit Bayazid II di Edirne, Turki.

Rumah Sakit Bayazid II di Edirne, Turki.

Foto: triposo.com

REPUBLIKA.CO.ID, Hampir 100 tahun (satu abad) Edirne menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Turki Usmani. Selanjutnya, kota ini tidak lagi berfungsi sebagai ibukota.

Meskipun demikian, dalam sejarah kekuasaan Ottoman, sebagaimana ditulis oleh Andrew Petersen dalam bukunya, “A Dictionary of Islamic Architecture’, Edirne tetap menjadi kota penting bagi kekhalifahan Islam tersebut di mana para sultan Ottoman bermukim.

Sebelum dijadikan ibukota pemerintahan Ottoman, Edirne sudah ramai sebagai pusat perdagangan dan juga budaya Muslim.

Hal ini ditandai dengan banyaknya bangunan yang didirikan oleh penguasa Muslim di kota ini. Salah satunya adalah Rumah Sakit (RS) Bayezid II. Rumah sakit ini berada di dalam Kompleks (Kulliye) Bayezid II.

RS Bayezid II dibangun atas perintah Sultan Bayezid II. Proses pembangunan Kulliye Bayezid II berikut bangunan rumah sakitnya memakan waktu empat tahun, dari 1484 M hingga 1488 M. Hingga abad ke-19 M, para dokter dididik di rumah sakit yang juga merupakan sekolah kedokteran itu.

Yulianto Sumalyo dalam bukunya yang bertajuk, “Arsitektur Masjid dan Monumen Sejarah Muslim”, mengungkapkan, setibanya di Edirne dalam perjalanan ke Balkan bersama pasukannya pada akhir musim semi 1484, Sultan Bayezid II memerintahkan membangun banyak proyek, yaitu masjid baru dan pusat kesehatan (medical centre), termasuk di dalamnya rumah sakit, sanatorium, rumah sakit jiwa, dan sekolah kedokteran di tepian Sungai Tunca.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA