Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Masjid Agung Tuban, Laksana Panorama Dongeng 1001 Malam (2)

Kamis 21 Jun 2012 19:19 WIB

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Chairul Akhmad

Masjid Agung Tuban, Jawa Timur.

Masjid Agung Tuban, Jawa Timur.

Foto: Blogspot.com

Timur Tengah dan Eropa
Bagi mereka yang sudah lama tak berkunjung lagi ke Kota Tuban, dapat dipastikan akan sedikit kaget (pangling: Jawa) dengan keberadaan Masjid Agung yang baru ini.

Dahulunya, sebelum renovasi terakhir tahun 2004, Masjid Agung yang terletak di bagian Alun-alun Kota Tuban ini, masih sangat sederhana, dan tak tampak sisi menariknya. Ia sama saja dengan masjid-masjid lain di Indonesia.

Namun, setelah melalui renovasi sekaligus revolusi besar-besaran, pembangunan Masjid Agung ini dibuat seindah dan semenarik mungkin. Renovasi terakhir ini menelan biaya hingga Rp 17,5 miliar. Karenanya, bangunannya pun kini tampak indah dan megah. Tak heran bila akhirnya masjid ini mendapat julukan salah satu masjid terindah di Jawa Timur.

Masjid yang letaknya berdekatan dengan makam Sunan Bonang ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan masjid-masjid terkenal di penjuru nusantara. Bangunan masjid ini memiliki berjuta keindahan wisata religi dengan gaya ala bangunan masjid dalam dongeng 1001 malam.

Dengan ornamen yang cantik, ditambah dengan polesan yang begitu detail, lantai keramik yang indah, tembok yang penuh ukiran, sampai kubah yang bercat warna-warni, membuat masjid ini menjadi semakin mewah dan indah.

Bila bentuknya kita amati, Masjid Agung Tuban ini memiliki ciri khas tersendiri. Secara garis besar, bentuk bangunannya terdiri atas dua bagian, yaitu serambi dan ruang shalat utama. Bentuknya tidak terpengaruh dengan bentuk masjid di Jawa pada umumnya yang atapnya bersusun tiga. Arsitektur masjid ini justru terpengaruh oleh corak Timur Tengah, India, dan Eropa. Sekilas bangunannya tampak ada kemiripan dengan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Tak hanya itu, bila diperhatikan dari model menaranya, Masjid ini seperti Blue Mosque (Masjid Biru) yang ada di Istanbul, Turki. Dan bila diperhatikan dari bentuk kubahnya, ia laksana Taj Mahal di India. Perpaduan ragam arsitektur itu, menambah indah Masjid Agung Tuban ini.

Bahkan, dilihat dari pantai Kota Tuban, keindahan Masjid ini juga semakin menarik. Banyak warga Tuban yang memanfaatkan keindahan pantai Tuban untuk beristirahat sekaligus menikmati pemandangan Masjid Agung Tuban dari sudut lain.

Keunikan lain dari Masjid Agung Tuban ini juga terlihat dari berbagai benda-benda peninggalan Wali Songo yang terdapat di dalamnya. Benda-benda bersejarah tersebut, antara lain berupa kitab Alquran kuno yang terbuat dari kulit, keramik Cina, pusaka, dan sarkofagus. Benda-benda tersebut saat ini disimpan di Museum Kembang Putih Tuban.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA