Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

Ensiklopedi Hukum Islam: Istilah Akhirat dalam Alquran (1)

Kamis 14 Jun 2012 21:51 WIB

Rep: Hannan Putra/ Red: Chairul Akhmad

Alquranul Karim (ilustrasi).

Alquranul Karim (ilustrasi).

Foto: explow.com

REPUBLIKA.CO.ID, Akhirat adalah alam terakhir yang dilalui umat manusia setelah alam dunia. Secara etimologis berarti "yang terakhir/yang kemudian.

Secara luas, akhirat diartikan sebagai suatu masa, tempat atau perihal kehidupan seseorang setelah selesai menjalani kehidupan di dunia. Dalam arti sempit, akhirat adalah suatu masa setelah manusia dibangkitkan dari kematiannya dan dikumpulkan di hadapan Allah SWT.

Sebagaimana firman-Nya, "Katakanlah, Allah-lah yang menghidupkan kamu kemudian mematikan kamu, setelah itu mengumpul­kan kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya." (QS. 45: 26).

Alquran menyebut beberapa istilah untuk menggambarkan arti alam akhirat sebagai berikut:

1. Al-Qari'ah (mala petaka yang menggentarkan), seperti pada ayat, "Hari kiamat (al-qari'ah). Apakah hari kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran." (QS. 101: 1-4).

2. Al-Haqqah (yang pasti terjadi), seperti pada ayat, "Hari kiamat (al-Haqqah). Apakah hari kiamat itu? Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu?” (QS. 69: 1-3).

3. Al-Waqi‘ah (peristiwa besar), seperti pada ayat, "Apabila terjadi hari kiamat (Al-Waqi'ah), terjadinya hari kiamat itu tidak dapat didustakan (disangkal).” (QS. 56: 1-2).

4. As-Sa'ah (saat kehancuran), seperti pada ayat, “Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit (as-Sa'ah). Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah’.” (QS. 33: 63).

(5. Yaum Al-Ba‘s (hari berbangkit), seperti pada ayat, “Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit (yaum al-Ba's), maka inilah hari berbangkit itu, akan tetapi kamu selalu tidak meyakini(nya).” (QS. 30: 56).



sumber : Sumber: Ensiklopedi Hukum Islam
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA