Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Mahasiswi UIN Walisongo Terima Penghargaan Pramuka Teladan

Kamis 15 Aug 2019 15:12 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Hasanul Rizqa

Presiden Jokowi saat menyematkan penghargaan ke Ema Khasanah, mahasiswi UIN Walisongo di Cibubur, Rabu (14/8)

Presiden Jokowi saat menyematkan penghargaan ke Ema Khasanah, mahasiswi UIN Walisongo di Cibubur, Rabu (14/8)

Foto: Dok. Ist
Rektor UIN Walisongo mengaku bangga mahasiswi terima apresiasi Pramuka Teladan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Jawa Tengah, menerima penghargaan sebagai insan pramuka teladan tingkat nasional 2019. Ema Khasanah, demikian namanya, merupakan anggota Gudep 07.120 Racana UIN Walisongo.

Penghargaan tersebut disematkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku Kamabinas Gerakan Pramuka. Penyematan berlangsung saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka ke-58 di Cibubur, Rabu (14/8) lalu.

Baca Juga

Rektor UIN Walisongo yang juga Kamabigus kampus tersebut, Imam Taufiq, mengaku sangat bangga atas penghargaan yang diraih Ema. Dia juga mengatakan, penghargaan ini bukan hanya milik yang bersangkutan atau kampus UIN Walisongo, tetapi juga Kwarcab Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah.

“Penghargaan ini sangat membanggakan semua pihak, tidak saja karena telah mengharumkan UIN Walisongo sebagai Gudep pangkalannya, namun juga prestasi Kwarcab Kota Semarang dan Kwarda Jawa Tengah, karena dia (Ema) satu-satunya penerima penghargaan mewakili Kwarda Jawa Tengah,” ujar Imam Taufiq dalam keterangan yang diterima Republika, Kamis (15/8).

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Ka Kwarda Jawa Tengah (Kak Atikoh Ganjar Pranowo) dan Ketua Kwarcab Kota Semarang atas kepercayaan dan bimbingannya kepada Ema Khasanah dari Pangkalan UIN Walisongo selama ini,” tambah Taufik.

Dia berharap agar penghargaan prestisius ini akan memberikan inspirasi kepada generasi muda, khususnya mahasiswa dan mahasiswi UIN Walisongo dan pelajar se-Jawa Tengah untuk lebih berkarya, berkhidmat, dan berkontribusi untuk masyarakat dan bangsa.

Ketua Gudep 07.120 Racana UIN Walisongo, Lift Anis Ma’shumah, menuturkan bahwa penghargaan kepada Ema tersebut layak diterimanya karena keaktifan, prestasi dan darma baktinya dalam memajukan gerakan pramuka.

“Sebelumnya ia (Ema Khasanah) juga pernah dinobatkan sebagai Pramuka Garuda golongan Pandega tingkat Kota Semarang 2017 yang lalu,” katanya.

Ema juga diketahui telah mengikuti seleksi Eagle Scout Award (ESA) atau Garuda berprestasi tingkat Kwarda Jawa Tengah dan meraih juara 2 untuk golongan Pandega mewakili kontingen Kwarcab Kota Semarang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA