Tuesday, 13 Zulqaidah 1440 / 16 July 2019

Tuesday, 13 Zulqaidah 1440 / 16 July 2019

Qari Indonesia Terima Penghargaan dari Erdogan

Senin 27 May 2019 13:58 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Agung Sasongko

Alquran

Alquran

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden Turki Receep Tayyib Erdogan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Syamsuri Firdaus, seorang qari asal Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil meraih Juara I Tilawah Alquran pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Internasional ke-7 di Istanbul, Turki. Syamsuri mendapat penghargaan dari Presiden Turki dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang Internasional.

Kabar tersebut disampaikan Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) Kementerian Agama (Kemenag), Juraidi. Ia mengatakan, keberangkatan Syamsuri ke Turki untuk mewakili Indonesia didampingi oleh pejabat Ditjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Ali Sibromalisi.

"Syamsuri terpilih mewakili Indonesia pada MTQ Internasional di Turki setelah sebelumnya menjadi Juara II Kategori Remaja pada MTQ Nasional di Medan tahun lalu, saat itu Syamsuri menjadi utusan dari Provinsi NTB," kata Juraidi melalui pesan tertulis kepada Republika.co.id, Senin (27/5).

Penghargaan dan hadiah untuk Syamsuri diserahkan langsung oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Penghargaan juga diberikan kepada Juara II asal Nigeria dan Juara III dari Qatar.

MTQ Internasional ke-7 di Istanbul itu digelar di Masjid Agung Camlica pada 20 - 25 Mei 2019. Puluhan peserta dari 68 negara termasuk Timur Tengah dan Eropa menjadi pesertanya.

Juraidi menyampaikan, sebelumnya sejumlah prestasi internasional juga diraih qari/ qari'ah dan hafizh/ hafizhah asal Indonesia sepanjang 2019. Di antaranya Juara I Qari di Iran, Juara II Qari di Kuwait, dan Juara II Qariah di Malaysia.

"Kemudian Juara II Hafizh dan Juara III Hafizhah di Brunei, serta Juara I Qari di Bahrain," ujarnya.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin mengaku gembira dan mengapresiasi prestasi yang diukir oleh Syamsuri Firdaus tersebut. Pihaknya menegaskan akan terus mendukung lahirnya qari/ qari'ah terbaik di tingkat nasional dan internasional.

Ia mengatakan, dukungan tersebut diwujudkan melalui berbagai program berupa perlombaan di tingkat pusat dan daerah. Serta program pembinaan bagi qari/ qari'ah yang selama ini diselenggarakan Ditjen Bimas Islam dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ).

"Selamat kepada Syamsuri Firdaus yang telah mengharumkan nama Indonesia, Ditjen Bimas Islam dan LPTQ akan terus melanjutkan upaya untuk melahirkan qari/ qari'ah terbaik tingkat dunia," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA