Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sejak Jadi Wapres Terpilih, Ma'ruf Amin Disebut Lebih Bugar

Selasa 13 Aug 2019 20:15 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Hasanul Rizqa

Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Cawapres nomor urut 01 Maruf Amin (kanan) saat halalbihalal di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/6/19).

Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Cawapres nomor urut 01 Maruf Amin (kanan) saat halalbihalal di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/6/19).

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
KH Ma'ruf Amin disebut selalu dipantau tim kesehatan yang profesional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KH Ma'ruf Amin dalam beberapa waktu ke depan akan menjadi wakil presiden Republik Indonesia. Saat ini, tokoh Nahdlatul Ulama (NU) itu tercatat masih menjabat sebagai ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca Juga

Menurut pengakuan ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi KH Masduki Baidlowi, suami Wury Estu Handayani itu saat ini tampak lebih bugar, khususnya setelah terpilih menjadi wakil presiden RI. Dia menambahkan, Kiai Ma'ruf akhir-akhir ini sangat menjaga kesehatannya.

Pernyataan ini disampaikan Kiai Masduki dalam kesempatan sambutan peluncuran buku iShalat Tuntunan Shalat di Kantor MUI Pusat, Selasa (13/8). Dia pun tampil di hadapan hadirin untuk mewakili Kiai Ma'ruf yang kini sedang menjalani proses penyembuhan.

"Awal mulanya (peluncuran buku iShalat --Red) akan dihadiri Ketua Umum MUI, bahkan beliau (Kiai Ma'ruf) sudah menyiapkan pidato secara khusus, tapi karena ada aral, beliau sedang dalam proses penyembuhan dari operasi glaukoma," ujar Kiai Masduki saat pidato di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Selasa (13/8). 

Operasi demikian, lanjut dia, terbilang tidak besar. Hanya saja, sosok yang mendampingi presiden terpilih 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi) itu memerlukan waktu istirahat. Seandainya Kiai Ma'ruf tidak terpilih jadi wakil presiden RI, lanjut Masduki, barangkali penyakit glaukoma tidak akan dianggapnya.

Sekarang, lanjut dia, Kiai Ma'ruf sudah dikelilingi tim kesehatan secara lengkap. Artinya, sakit sedikit saja, maka harus segera mendapat penanganan.

"Kemarin ketika saya ketemu beliau (Kiai Ma'ruf), saya bilang, andaikan Pak Yai (Kiai Ma'ruf --Red) tidak terpilih sebagai calon wakil presiden, saya kira penyakit itu enggak dianggap. Lewat saja enggak apa-apa," ujarnya.

Dia mengakui, ketua umum MUI tersebut sehari-hari dipantau tim kesehatan yang bekerja profesional. Kiai Masduki menegaskan, saat ini Kiai Ma'ruf tampak sangat bugar di kediamannya saat terakhir kali ia berjumpa.

photo
Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi, KH Masduki Baidlowi mewakili Kiai Ma'ruf Amin saat pidato peluncuran buku iShalat di kantor MUI pusat, Selasa (13/8).

"Pagi hari, beliau (Kiai Ma'ruf) olah raga di Gelora Bung Karno (GBK). Setelah itu Kiai Ma'ruf berjalan di kolam yang diisi air. Dengan teknik tertentu, beliau berjalan di kolam tersebut selama setengah jam," jelasnya.

"Jadi Kiai Ma'ruf saat ini jauh lebih bugar dari sebelumnya, jadi (Kiai Ma'ruf) menyampaikan salam kepada teman-teman yang hadir pada kesempatan ini," sambung Masduki lagi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA