Rabu, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 Januari 2020

Rabu, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 Januari 2020

Menghafal Alquran, Sulitkah?

Sabtu 11 Mei 2019 21:00 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Agung Sasongko

Alquran

Alquran

Foto: Reuters
Allah telah mudahkan dan Allah jamin Alquran mudah untuk dipelajari dan dihafalkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penemu metode 30 menit lancar membaca Alquran Ustaz Achmad Farid Hasan pun menyebutkan beberapa cara menghafal Alquran bagi pemula. "Paling efisien dan efektif bagi pemula, yakni cukup sediakan waktu, sehari setengah jam," kata dia.

Baca Juga

Selama setengah jam, satu ayat Alquran bisa dihafal. Jadi, dalam waktu satu jam, dua ayat sudah dapat dihafal. Ustaz Farid mengaku pernah menggunakan cara itu saat masih tinggal di pon dok pesantren. Setiap hari, dia menyediakan waktu minimal setengah jam untuk menghafal Al quran.

Supaya hafalan tidak mudah hilang, hafalan sebelumnya harus diulang kurang lebih lima kali. "Misalnya, sudah menghafal surah al-Baqarah ayat 1, menuju ayat 2, ayat 1 tersebut harus dibaca lagi, diulang lagi. Selanjutnya menuju ayat 3, ayat 1 dan 2 di baca lagi, begitu seterusnya, lama-lama akan hafal sendiri," kata Ustaz Farid.

Dia mengungkapkan, banyak orang berpikir menghafal Alquran sulit. Padahal, tidak sama sekali. "Allah telah mudahkan dan Allah jamin Alquran mudah untuk dipelajari dan dihafalkan. Jadi, nggak ada yang sulit, menghafal juga mudah," ujarnya mene gaskan.

Anak umur lima tahun saja, ia menambahkan, sudah bisa menghafal Alquran, apalagi orang dewasa. Hal itu karena bahasa Alquran tidak serumit yang dibayangkan. "Lebih sulit matematika dibandingkan membaca Alquran," ujar Ustaz Farid.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA