Rabu, 14 Zulqaidah 1440 / 17 Juli 2019

Rabu, 14 Zulqaidah 1440 / 17 Juli 2019

Pantai Loang Baloq Jadi Lokasi Pemantauan Hilal di Lombok

Ahad 05 Mei 2019 13:24 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya

Pantai Loang Baloq

Pantai Loang Baloq

Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pantai Loang Baloq dipilih lantaran dinilai akan memudahkan tim dalam melihat hilal.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kepala Stasiun Geofisika, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mataram, Agus Riyanto, mengatakan, BMKG Mataram akan menggelar pemantauan rukyat hilal awal Ramadhan. Pemantauan hilal akan dilakukan hari ini, Ahad (5/5), pukul 17.00 WITA.

Baca Juga

"Pengamatannya di Pantai Loang Baloq," ujar Agus di Mataram, NTB, Ahad (5/5).

Agus mengungkapkan alasan di balik pemilihan Pantai Loang Baloq yang menjadi salah satu destinasi wisata di Mataram sebagai lokasi pemantauan hilal. Menurut Agus, Pantai Loang Baloq dipilih lantaran dinilai akan memudahkan tim dalam melihat hilal. Pasalnya, pandangan di pantai tidak terhalang oleh apa pun.

Tim Hisab Rukyat Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB Ida Suriyati mengatakan pelaksanaan rukyat hilal di NTB dilakukan di tiga tempat. Untuk di Pulau Lombok, personel Kemenag seluruh kabupaten dan kota di Lombok akan bergabung dengan Kemenag Provinsi NTB dan BMKG Mataram dalam pemantauan hilal awal Syawal di Pantai Loang Baloq.

"Untuk Kemenag kabupaten dan kota di Pulau Sumbawa, yang melaksanakan rukyat hilal di (kabupaten) Dompu dan Sumbawa Barat. Jadi di NTB ada 3 lokasi rukyat hilal," ujar Ida.

Ida menyampaikan, Kemenag NTB akan menggunakan teleskop vixen dan theodolit milik Kemenag NTB, teleskop milik MAN 1 dan MAN 2 Mataram, dalam pemantauan hilal. "Mudah-mudahan Fakultas MIPA Universitas Mataram dan UIN mataram juga bergabung dengan kita membawa teleskop juga," kata Ida.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA