Minggu, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Minggu, 16 Sya'ban 1440 / 21 April 2019

Komunitas Ruang Sedekah Berbagi Keberkahan Setiap Jumat

Senin 18 Feb 2019 06:23 WIB

Rep: mgrol118/ Red: Andi Nur Aminah

Komunitas Ruang Sedekah, berbagi sedekah berupa pemberian snack box bagi jamaah Masjid Jami' Nurul Iman, Depok.

Komunitas Ruang Sedekah, berbagi sedekah berupa pemberian snack box bagi jamaah Masjid Jami' Nurul Iman, Depok.

Foto: mgrol118
Mereka membagikan snack box untuk jamaah masjid, serta warga di sekitar masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Komunitas Ruang Sedekah mengadakan kegiatan berbagi keberkahan dalam bentuk pemberian makanan, Jumat (15/2) lalu. Kegiatan ini rutin digelar setiap hari Jumat.

Pemberian makanan berupa snack box itu dibagi-bagikan kepada Jamaah Masjid Jami’ Nurul Iman yang terdapat di Kecamatan Bojongsari Kota Depok. Sejumlah pengendara lalu lintas sekitar lokasi tersebut juga mendapatkan pembagian snack box ini.

Baca Juga

Wakil Ketua Komunitas Ruang Sedekah, Sari Agustin mengatakan, Ruang Sedekah merupakan tempat atau wadah berbagi keberkahan yang menyalurkan sedekah dengan fokus pada makanan dari donatur. Makanan itu dibagikan untuk jamaah masjid maupun pengendara lalu lintas.

Sari menyampaikan, alasan Ruang Sedekah melakukan kegiatan Berbagi Keberkahan di hari Jumat karena waktu sedekah yang paling utama yakni di hari Jumat. Dia pun mengatakan, makanan yang disediakan untuk dibagi itu tidak hanya untuk jamaah masjid maupun pengendara lalu lintas saja. Melaikan juga untuk pemulung atau pedagang yang ada di sekitar masjid.

Komunitas yang beranggotakan sekitar 50 orang tersebut setiap hari Jumat menyediakan makanan snack box sebanyak 300 atau 400 porsi. Sari mengatakan, makanan sebanyak itu dapat terkumpul dari hasil sedekah para donatur. “Donatur kita di antaranya dari kerabat terdekat, seperti saudara, kakak, dan adik. Serta teman-teman,” tuturnya kepada Republika.co.id.

Komunitas yang terbentuk sejak November 2017 tersebut, awalnya bukan bernama Ruang Sedekah melainkan Dapur Sedekah. Atau biasa disebut juga dengan nama Nasi Jumat. “Alhamdulillah, sekarang namanya sudah menjadi Ruang Sedekah, kami juga sedang proses untuk legalitas Ruang Sedekah,” ucap Sari yang berasal dari Bogor.

Sari mengaku, untuk saat ini keberadaan komunitas Ruang Sedekah hanya ada di Bojongsari Kota Depok saja. Namun menurutnya, kegiatan komunitas ini cukup aktif. “Selain rutinitas kami setiap hari Jumat berbagi keberkahan dalam bentuk makanan, kami juga setiap bulannya rutin berbagi beasiswa kepada anak yang berprestasi, serta memberi bantuan sembako kepada kaum dhuafa, anak yatim, dan janda,” ungkapnya.

photo

Anggota Komunitas Ruang Sedekah

Sari menceritakan, dengan keaktifan komunitas Ruang Sedekah maka saat ini masyarakat sudah mulai mengetahui keberadaan Ruang Sedekah. “Alhamdulillah sejauh ini, animo masyarakat baik menyambut kita dan mereka semakin tahu,” ucapnya.

Pelaksanaan tempat berbagi keberkahan ini berpindah-pindah masjid. Mulai dari masjid di area Bojongsari, kemudian nantinya akan ke masjid-masjid sekitar Kota Depok. Dengan kehadiran Ruang Sedekah ini, Sari berharap, dapat memberi manfaat kepada musafir yang singgah ke masjid untuk shalat.

Sari juga mengajak masyarakat lainnya yang mempunyai kecukupan harta untuk bisa bersedekah. “Berbagi keberkahan di mana saja karena kita manusia saling bergantung antara satu dan lainnya,” pesan Sari yang merupakan alumnus BSI Pondok Labu, Cilandak.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA