Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Wednesday, 22 Zulhijjah 1441 / 12 August 2020

Milad ke-106, Muhammadiyah Jateng Gelar Jalan Sehat Serentak

Sabtu 17 Nov 2018 01:50 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Kader-kader Muhammadiyah (ilustrasi)

Kader-kader Muhammadiyah (ilustrasi)

Foto: ANTARA
Kegiatan ini bukan hanya media olah raga tetapi juga silaturahim.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG—  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah menggelar kegiatan jalan sehat secara serentak di 35 pimpinan daerah (PD) tingkat kabupaten/kota. Kegiatan ini dalam rangka untuk memeringati hari ulang tahun atau Milad ke-106. 

Ketua Steering Commitee Milad ke-106 Muhammadiyah Jateng Khafid Sirotudin di Semarang, Jumat (16/17) menjelaskan, kegiatan jalan sehat itu diperkirakan diikuti 500 ribu warga Muhammadiyah  dan masyarakat.

Menurut dia, jalan sehat tersebut dimaksudkan sebagai wahana berolahraga untuk kesehatan bagi masyarakat, sekaligus menjalin silaturahim di antara kader, warga, simpatisan, dan masyarakat umum. 

Selain sebagai wahana olahraga dan silaturahim, kata dia, peserta jalan sehat diminta bersedekah untuk membantu saudara-saudara yang menjadi korban bencana di berbagai daerah.

"Sesuai dengan tema yang diambil dalam kegiatan jalan sehat menyambut milad tersebut, yakni 'Jalan Sehat dan Berbagi Bersama Muhammadiyah' yang digelar serentak pada 18 November 2018," katanya.

Dia mengatakan keseluruhan sumbangan yang terkumpul akan di serahkan untuk membantu korban bencana alam di berbagai daerah melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Jateng. 

"Kami menyampaikan terima kasih kepada kader, warga, simpatisan, dan para dermawan yang telah berpartisipasi dalam kegiatan milad tahun ini," kata Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng itu.

Dari kegiatan jalan sehat serentak di 35 kabupaten/kota tersebut, dia berharap bisa terkumpul sumbangan mencapai Rp2,5 miliar yang akan disalurkan untuk membantu korban bencana alam.

Selain itu, kegiatan "Jalan Sehat dan Berbagi Bersama Muhammadiyah Jateng" itu rencananya didaftarkan sebagai kegiatan jalan sehat dengan peserta terbanyak se-Indonesia pada Lembaga Pencatat Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid).

Disetiap lokasi jalan sehat, kata Khafid, disediakan hadiah utama minimal satu unit sepeda motor dan ratusan "doorprize" dari para donatur yang akan semakin menarik minat masyarakat mengikutinya.

Wakil Ketua Pengarah Milad dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Semarang memastikan kesiapan penyelenggaraan jalan sehat untuk wilayah Kota Semarang pada Ahad (18/11) mendatang.

Secara umum, kata dia, semuanya sudah siap sebagaimana inti kegiatan sebagai nilai syiar sekaligus 'taawun' untuk negeri sebagai wujud kepedulian terhadap sesama terkait bencana yang terjadi di berbagai daerah.

"Ada yang unik pada milad tahun ini, yakni pemberian penghargaan kepada penggerak terbaik Persyarikatan Muhammadiyah dan kasepuhan Muhammadiyah," kata pria yang juga Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang itu.  

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA