Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

Saturday, 9 Rabiul Awwal 1440 / 17 November 2018

TIDIM Jatman Sertifikasi Dewan Hakim Qiraat Alquran di Bante

Jumat 09 Nov 2018 03:23 WIB

Red: Agung Sasongko

LPTQ Provinsi Banten mengadakan pelatihan dewan hakim cabang Qiroat yang diselenggarakan dari tanggal 4-10 Desember 2018.

LPTQ Provinsi Banten mengadakan pelatihan dewan hakim cabang Qiroat yang diselenggarakan dari tanggal 4-10 Desember 2018.

Foto: Dok Budy Budiman
Allah SWT dalam firmannya menjamin kemurnian Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Budy budiman*

JAKARTA --  Alquran adalah pedoman hidup setiap manusia.  Banyak cara orang bersyi'ar lewat Alquran.

Allah SWT dalam firmannya menjamin kemurnian Alquran. "Sesungguhnya Kami-lah yang telah menurunkan adz-dzikru (al-Quran), dan sesungguhnya Kami (pula) lah yang akan menjaganya" (QS. Al-hijr: 9).

Meski dijamin, manusia berkewajiban untuk melestarikan, membaca, menghafal dan mengamalkan Alquran agar selalu terjaga kemurniannya. Di Indonesia ada sebuah lembaga yang bergerak dibidang pengembangan Alquran, yaitu LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran).

Di seluruh provinsi pasti ada lembaga tersebut, termasuk di Provinsi Banten. Di usianya yang ke-18, LPTQ Banten terus membuat perbaikan-perbaikan dari segala bidang. Salah satunya sumber daya yang sangat vital yaitu dewan hakim.

Di bulan ini LPTQ Provinsi Banten mengadakan pelatihan dewan hakim cabang Qiroat yang diselenggarakan dari tanggal 4-10 Desember 2018. "Kami mengadakan sertifikasi dewan hakim ini agar senantiasa pergelaran MTQ tingkat Provinsi Banten memiliki para juri yang profesional dan sudah tersertifikasi, sekaligus nanti tahun depan LPTQ Provinsi Banten berencana akan mengadakan cabang baru yaitu Tahfizh 30 juz dengan bacaan para imam Qiroat saba'", demikian yang disampaikan Ketua LPTQ Prov. Banten Prof. Dr. KH. Syibli Sanjaya dalam pidato yang disampaikan pada saat pembukaan pelatihan.

Pada sesi pelatihan tersebut LPTQ mengundang 3 orang dari 8 kota/Kab yang ada di Privinsi Banten dan 6 orang undangan khusus dr LPTQ Provinsi. Dari Jumlah 30 calon dewan hakim ini ada salah satu anggota TIDIM JATMAN yaitu Ustaz Budy budiman yang memang dulu sangat aktif selalu mengikuti event MTQ bahkan pernah menjadi duta kafilah provinsi Banten pada MTQ Nasional di Ambon Maluku tahun 2012 dan Batam Kepri pada 2 tahun berikutnya.

Pada diklat tersebut, para calon dewan hakim diberikan materi yang sangat komplit terkait ilmu Qiroat  dan langsungdisampaikan  oleh pakar di bidang Qiroat yaitu Dr. KH. Muhsin Salim.MA selaku pembina LBIQ Jakarta dan dewan hakim MTQ Nasional.

Semoga diklat yang diselenggarakan oleh LPTQ Provinsi Banten ini akan menghadirkan dewan hakim yang profesional, faham dan juga mahir pada bidang tersebut.

*TIDIM (Tim Inti Da'i Internasional & Multimedia) JATMAN (Jam'iyyah at-Thoriqoh al-Mu'tabaroh An-Nahdliyyah) dan Cordofa (Corp Dai Dompet Dhuafa).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES