Senin, 15 Jumadil Awwal 1440 / 21 Januari 2019

Senin, 15 Jumadil Awwal 1440 / 21 Januari 2019

Warga Tangerang Antusias Datangi Tausiyah UAS di UNIS

Kamis 01 Nov 2018 13:04 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andi Nur Aminah

Suasana di sekitar kampus UNIS Kota Tangerang, tempat berlangsungnya tausiyah Ustaz Abdul Somad, Kamis (1/11).

Suasana di sekitar kampus UNIS Kota Tangerang, tempat berlangsungnya tausiyah Ustaz Abdul Somad, Kamis (1/11).

Foto: Republika/Kiki Sakinah
Sejumlah jalanan menuju arah kampus UNIS ditutup dan petugas polisi tampak berjaga.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Acara tausiyah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang digelar di kampus Universitas Islam Syeikh Yusuf (UNIS) di Kota Tangerang, Kamis (1/11), tidak hanya menarik antusiasme dari kalangan mahasiswa. Sejumlah masyarakat sekitar pun turut berdatangan.

Tabligh akbar kali ini mengangkat tema, "UNIS Sebagai Poros Peradaban Mahasiswa Islam di Banten Sesuai Suri Tauladan Nabi Muhammad SAW". Dari pantauan Republika.co.id, sejumlah jalanan menuju arah kampus UNIS ditutup. Beberapa petugas polisi juga tampak berjaga-jaga.

Sementara itu, jamaah yang hendak menyaksikan tausiyah UAS telah mulai memenuhi pelataran tenda di depan panggung berdiri. Di samping itu, tampak beberapa stan yang menjual buku-buku karya Ustaz Somad tengah didatangi pengunjung.

Salah seorang jamaah bernama Dewiana (32) mengatakan, ia bersama sang suami sengaja datang ke UNIS untuk mendengarkan ceramah UAS. Dewiana berasal dari Rajeg, Kabupaten Tangerang.

Ia mengaku mengetahui jadwal kedatangan UAS ke UNIS melalui media sosial. Karena ketertarikannya akan sosok dan penyampaian ceramah UAS, Dewiana mengatakan, ia berharap bisa menghadiri kembali tausiyah ustaz yang berasal dari Riau tersebut.

"Saya sengaja ke sini ingin lihat Ustaz Somad. Selain ngefans banget karena sosoknya cerdas, lugas, lucu, wawasannya juga luas. Penyampaian materinya juga mudah dicerna, sesuai dengan Alquran dan Sunnah," kata Dewiana kepada Republika.co.id di pelataran Kampus UNIS Tangerang, Kamis (1/11).

Selain itu, jamaah lainnya mendatangi tausiyah UAS bersama dengan kelompok pengajiannya. Salah satunya, Nanih, warga Kedaung, yang datang ke UNIS untuk mendengarkan ceramah UAS. Adapula Aminah, warga sekitar Kota Tangerang, yang untuk pertama kalinya mendengarkan tausiyah UAS secara langsung.

Sebelumnya, ia kerap menonton ceramah UAS melalui Youtube. Aminah mengatakan, ia senang dengan ceramah UAS karena membahas materi yang berkaitan dengan masalah kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, penyampaian materi ceramah UAS mudah dicerna. "Saya berharap, dengan adanya safari dakwah UAS, masyarakat paham tentang agama. Semoga saja UAS bisa sering ceramah di Kota Tangerang," tutur Aminah.

Sementara itu, salah seorang penjaga stan resmi penjualan buku-buku UAS, Nurul, mengatakan, buku-buku UAS banyak diminati dari berbagai kalangan. Buku karya UAS yang paling laris, menurutnya, adalah buku berjudul 37 Masalah Populer. Buku itu banyak diminati karena ditulis langsung UAS. "Buku-buku UAS disukai banyak kalangan, terutama wanita yang banyak mencari buku soal taaruf," ujarnya.

Sejak Rabu (31/10) hingga Ahad (4/11) mendatang, Ustaz Somad melakukan safari dakwah di beberapa kota, termasuk Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Dalam sehari, UAS mengadakan dua-tiga kali tausiyah di berbagai tempat yang berbeda. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES