Wednesday, 8 Safar 1440 / 17 October 2018

Wednesday, 8 Safar 1440 / 17 October 2018

Sumut Jadikan MTQ Sebagai Momentum Perbaiki Akhlak

Jumat 12 Oct 2018 23:47 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah

Pameran karya kaligrafi di MTQ Nasional ke-27, Medan.

Pameran karya kaligrafi di MTQ Nasional ke-27, Medan.

Foto: Republika TV/Muhyiddin
MTQ ini juga telah menggerakkan perekonomian masyarakat di Sumut.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Wakil Presiden Republika Indonesia, Jusuf Kalla (JK) menghadiri malam penutupan dan pengumuman pemenang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-27 di Astaka Utama Gedung Serbaguna, Jalan Wiliam Iskandar, Medan, Jumat (12/10) malam. JK datang untuk menutup kegiatan tersebut, setelah sebelumnya dibuka Presiden Joko Widodo pada 7 Oktober lalu.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, JK tiba di lokasi acara dengan didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi. Ketiganya tampak kompak mengenakan pakaian adat berwarna kuning. Mereka disambut ribuan masyarakat yang telah menunggu sejak sore tadi.

Dalam sambutannya, Edy Rahmayadi mengatakan, sejak dibuka pada 7 Oktober lalu, seluruh rangkaian kegiatan MTQ telah berjalan dengan sukses. "Tidak terasa sejak pembukaan 7 Oktober 2018 seluruh rangkaian MTQ sudah berjlan dengan baik," ujar Edy dalam sambutannya.

Menurut dia, masyarakat Sumatra Utara sangat antusias dan menjadikan MTQ ini sebagai momentum untuk memperbaiki akhlak, sehingga mendukung terwujudnya Sumatra Utara yang bermartabat. "Selama berlangsungnya MTQ telah melahirkan semangat dan antusius yang luar biasa pada masyarakat Sumutra Utara, menikmati lantunan kitab suci Alquran sebagai momentum perbaikan akhlak, mengembalikan anak dan keluarga pada Alquran dan mewujudkan insan yang qurani," ucap Edy.

Selain itu, kata dia, MTQ ini juga telah menggerakkan perekonomian masyarakat. Sehingga hal itu membuktikan bahwa Alquran diturunkan Allah ke bumi ini sebagai rahmat bagi semesta alam. "Maka benarlah bahwa Alquran itu rahmatal lil alamin. Pemerintah dan masyarajat Sumtra Utara tak henti-hentinya mengucapkan terimakasih," kata Edy.

MTQ Nasional ke-27 ini telah diikuti oleh 1.555 peserta dari 34 provinsi. Dalam acara penutupan ini, Ketua Dewan Hakim MTQ, Rom Rowi kemudian mengumumkan para pemenag dari 12 cabang yang diperlombakan. Dia juga mengumkan juara umum MTQ dari 2018 yang dimenangkan oleh Provinsi DKI Jakarta.

"Juara umum MTQ 2018, pertama DKI Jakarta, Kedua Provinsi Banten, ketiga Provinsi Summatra Utara, Keempat Kepulauan Riau, kelima Jawa Timur, Keenam Kepulauan Riau dan Jawa Barat nilainya sama, dan Ketujuh Aceh, Kedelapan DIY, Kesembilan NTB, dan kesepuluh Kalimantan Selantan," kata Rowi saat akan membacakan para pemenang lomba. Penghargaan juara umum kepada DKI Jakarta kemudian diserahkan oleh Wapres dan didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA