Friday, 10 Safar 1440 / 19 October 2018

Friday, 10 Safar 1440 / 19 October 2018

Forum Santri Dukung Program Satu Pesantren Satu Perusahaan

Kamis 11 Oct 2018 18:39 WIB

Red: Ani Nursalikah

Santri belajar mengartikan Kitab Kuning saat mengaji kilatan kitab di Pondok Pesantren Almiizan, Bogor, Jawa Barat.

Santri belajar mengartikan Kitab Kuning saat mengaji kilatan kitab di Pondok Pesantren Almiizan, Bogor, Jawa Barat.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Wirausaha sangat dibutuhkan untuk kesejahteraan pesantren.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Forum Santri Indonesia mendukung Program Satu Pesantren Satu Perusahaan yang digagas oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan menjadi program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur baru Jawa Barat, M Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum.

"Bahkan kami dari Forum Santri siap untuk bekerja sama dan menjadi mitra Pemprov Jabar terkait program tersebut," kata Ketua Umum DPP Forum Santri Indonesia, Iwan Ari Kurnia, usai bertemu dengan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/10).

Menurut dia, hingga saat ini di Indonesia, khususnya Jawa Barat hanya beberapa pesantren saja yang punya perusahaan. Itu pun hanya pesantren yang unggul dan tertata dengan baik.

"Untuk mengangkat kesejahteraan pesantren, saat ini memang keberadaan wirausaha sangat dibutuhkan. Sebagai contoh, usahanya berbentuk seperti koperasi," ujar Iwan.

Oleh karena itu, ia sangat mendukung Program Satu Pesantren Satu Perusahaan yang digagas oleh Pemprov Jawa Barat. "Dengan adanya program ini, setelah santri lulus dari pesantren bisa wirausaha. Kan nggak semua santri jadi kiai," katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan saat ini pengembangan ekonomi pesantren juga sangat dibutuhkan karena sering ada santri yang tidak sanggup membayar uang bulanan karena pesantren memungut biaya yang tinggi. "Seharusnya ada subsidi silang. Menurut saya, dibuat ekonomi santri ini juga akan jadi solusi. Dalam waktu dekat kami akan buat koperasi syariah santri Indonesia," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Iwan juga meminta Uu menjadi Wakil Ketua DPP Forum Santri dengan pertimbangan sosok Uu sebagai Wagub muda yang cerdas, santun dan agamis.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES