Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Tuesday, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Muhammad Masuk 10 Besar Nama Bayi Terpopuler di Inggris

Jumat 21 Sep 2018 21:22 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Andi Nur Aminah

Anak bayi di Ingrris (ilustrasi)

Anak bayi di Ingrris (ilustrasi)

Foto: AU.YAHOO.COM
Nama Muhammad dikombinasikan tiga bentuk yakni Muhammad, Muhammed dan Mohammed .

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Nama Muhammad masuk dalam 19 besar nama laki-laki yang paling banyak diberikan orang tua ke anak mereka di Inggris tahun ini. Dilansir dari Daily Mail, Jumat (21/9), Badan Stasistik Inggris mengeluarkan laporan daerah Yorkshire, Midlands Barat dan Humber bahwa nama Muhammad masuk ke dalam nama yang paling populer.

Menariknya ada tiga variasi nama Muhammad yang masuk ke dalam 100 besar nama bayi yang paling populer. Jika dikombinasikan nama Muhammad, Muhammed dan Mohammed akan menggusur Oliver sebagai nama bayi laki-laki yang paling populer tahun ini.

Nama Muhammad masuk ke 10 besar. Mohammed di peringkat ke-29 dan Mohammad masuk urutan ke-68. Sementara Muhammed berada di bawah 100 besar yakni di urutan ke-121.

Pada 2015 lalu Muhammad masuk ke dalam urutan ke-12 nama yang paling sering digunakan. Ternyata sudah lama warga Inggris masuk ke dalam 100 nama bayi paling populer.

Nama Muhammad masuk ke dalam 100 besar nama paling populer pada tahun 1924. Variasi penyebutannya baru masuk 100 besar beberapa tahun terakhir ini. Tapi ketiga variasi penyebutan tersebut pernah juga masuk ke 100 besar pada 1954.

Ada beberapa alasan mengapa nama Muhammad menjadi populer lagi. Pertama meningkatnya populasi komunitas Muslim di Inggris dan Wales. Kedua meningkatnya nama ini di komunitas Muslim dengan semakin banyaknya variasi nama anak laki-laki.

Alasan yang ketiga banyak atlet besar yang menggunakan nama depan mereka Muhammad atau Mohamed. Seperti Muhammad Ali dan Mohamed (MO) Farah, atlet maraton yang mempersembahkan medali emas Olimpiade untuk Inggris.

Nama yang paling banyak digunakan orang tua di Inggris dan Wales adalah Olivier atau Olivia. Sedangkan Amelia, Isla dan Emily juga masuk ke dalam lima nama yang paling sering diberikan orang tua kepada putri mereka yang baru lahir.

"Meskipun Oliver dan Olivia tetap menjadi nama bayi paling populer pada 2017, beberapa perubahan menarik terjadi di bawah mereka," kata salah satu pejabat Badan Stasistik Inggris, Nick Stripe.

Sementara nama Sarah turun dari 100 nama yang paling populer. Ini pertama kalinya sejak 1904. Harry, Olive dan Jack tidak menunjukan adanya penurunan popularitas. Ketiga nama itu sudah menjadi nama yang paling populer sejak 15 tahun yang lalu.

"Leo masuk kedalam 10 nama anak laki-laki paling populer pertama kalinya, sementara Hunter meroket ke 100 besar, juga untuk pertama kalinya, masuk urutan ke-78," kata Nick. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA