Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

MUI Sukabumi Dorong Pelajar Hafal Alquran

Senin 17 Sep 2018 08:15 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil

Seorang santri menghafal ayat Alquran (Ilustrasi).

Seorang santri menghafal ayat Alquran (Ilustrasi).

Foto: Ampelsa/Antara
Perlombaan ini rutin digelar untuk menyambut tahun baru Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kota Sukabumi, Jawa Barat berupaya mendorong para pelajar untuk bisa menghafal Alquran. Caranya dengan menggiatkan perlombaan Hifzil Quran atau menghafal Alquran.

Terakhir perlombaan Hifzil Quran digelar pada momen menyambut tahun baru Islam beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan tersebut banyak pelajar yang mengikuti mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA.

"Kegiatan ini untuk mendorong anak-anak menghafal Alquran,’’ ujar Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi Muh Kusoy Senin (17/9). Di mana anak-anak termotivasi untuk belajar membaca, menghafal dan mendalami serta memahami kandungan di dalam Alquran,

Menurut Kusoy, acara perlombaan menghafal Alquran ini meman sudah rutin digelar pada momen menyambut tahun baru Islam. Para peserta berasal dari perwakilan terbaik di tujuh kecamatan yang ada di Kota Sukabumi. Kegiatan ini pun mendapatkan dukungan dari Pemkot Sukabumi.

Salah seorang peseta lomba hafal Alquran, Sayed (9 tahun) mengatakan sudah bisa menghafal sebanyak empat juz. "Baru serius menghafal Alquran dalam setahun terakhir,’’ ujar dia yang masih duduk di kelas lima SD Al Azhar Sukabumi.

Menurut Sayed, ia ingin bisa menghapal atau  menjadi tahfidz Alquran. Meskipun diakui untuk mencapainya memerlukan perjuangan

Pelajar lainnya Dinda Yuliani (12) asal Kecamatan Cikole mengatakan, sudah bisa menghafal Alquran sebanyak tujuh juz.  "Kalau kemauan sendiri insya Allam mudah tapi jika kemauan orang lain akan sulit,’’ kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA