Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Wednesday, 17 Ramadhan 1440 / 22 May 2019

Universitas Negeri Malang Juara Umum MTQ-M di Jatim V

Rabu 15 Aug 2018 00:17 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Membaca Alquran.

Membaca Alquran.

Foto: Republika/Iman Firmansyah
niversitas Jember sebagai tuan rumah mendapatkan dua gelar.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Universitas Negeri Malang (UM) mempertahankan juara umum dalam lomba Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQ-M) Regional Jawa Timur V 2018 dengan mendapatkan 11 gelar juara. UM mendapatkan sembilan gelar juara pertama dan dua gelar juara kedua dari berbagai cabang lomba dalam MTQ-M tersebut.

Universitas Jember sebagai tuan rumah mendapatkan dua gelar. Universitas Jember mendapatkan juara pertama cabang musabaqah khaththil Quran atas nama Intan Dwi Masrullah dan juara ketiga cabang lomba musabaqah hifzhil Quran 5 juz yang direbut oleh Faisal Amjad Adi P. Keduanya adalah mahasiswa FISIP Universitas Jember.

"Alhamdulillah kami dapat dua gelar. Semula kami berharap dapat gelar dari cabang khaththil Quran dan syarhil Quran, namun untuk syarhil Quran targetnya meleset, justru yang mendapat gelar dari hifzhil Quran 5 juz," kata pembina kafilah Universitas Jember Abdul Majid di Kampus Universitas Jember, Selasa (14/8).

Menurutnya keberhasilan Universitas Jember membawa pulang dua gelar patut disyukuri karena pada MTQ-M Regional IV Jawa Timur di Universitas Trunojoyo Madura dua tahun lalu, kafilah Universitas Jember sempat absen menyabet gelar di berbagai bidang lomba.

"Kami berjanji akan lebih aktif mencari bakat-bakat baru di kalangan mahasiswa sejak awal, agar pembinaannya bisa lebih intensif dan berkelanjutan," kata dia.

Sementara itu, Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan UM Syamsul Hadi mengatakan pembinaan yang intensif dan berkelanjutan ternyata memang menjadi kunci keberhasilan dalam kegiatan MTQ-M Regional Jawa Timur. Dia membeberkan resep hingga kampusnya dapat mendominasi gelaran MTQ-M Regional Jawa Timur.

"Kami di Universitas Negeri Malang rutin menyelenggarakan kegiatan MTQ-M tingkat universitas, bahkan di tingkat fakultas, kami juga membina UKM Klub Studi Alquran, sehingga tidak pernah kehabisan calon peserta MTQ-M," katanya.

Ia mengatakan keberhasilan kafilah UM menjadi juara umum di kampus Tegalboto Universitas Jember mengulangi kisah sukses pada ajang MTQ-M Regional Jawa Timur IV yang digelar di Universitas Trunojoyo Madura tahun 2016. Para pemenang dalam ajang MTQ-M Regional Jawa Timur V 2018 di Universitas Jember selanjutnya akan menjadi duta-duta Jawa Timur dalam MTQ-M Nasional 2019 yang akan digelar di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA