Minggu, 13 Muharram 1440 / 23 September 2018

Minggu, 13 Muharram 1440 / 23 September 2018

MUI Siap Dukung Kiai Ma'ruf

Senin 13 Agustus 2018 16:22 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah

KH Ma'ruf Amin

KH Ma'ruf Amin

Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Masalahan kesenjangan ekonomi yang ada saat ini sangat cocok ditangani Kiai Ma'ruf.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) siap mendukung KH Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres). Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi Masduki Baidlowi mengatakan, secara organisasi MUI menilai positif pencalonan diri kiai Ma'ruf sebagai wakil presiden.

"Artinya, pimpinan MUI dimaui sebagai orang kedua di negeri ini. Saya kira itu salah satu bentuk apresiasi dari Presiden, pimpinan parpol, bahwa Kiai Ma'ruf sangat berpengaruh dalam proses pemilihan," kata dia ketika dihubungi Republika.co.id, Senin (13/8).

Secara organisasi, dia mengatakan, MUI pasti mendukung secara moral. Kendati demikian, ada batasan MUI tak bisa mendukung secara langsung. Pasalnya, MUI bukanlah organisasi politik sehingga tak bisa berpolitik praktis. "Kita secara moral pasti mendukung dengan batasan-batasan yamg diperbolehkan oleh organisasi," ungkapnya.

Baca: MUI Belum Bahas Posisi Kiai Ma'ruf

Apalagi, kata dia, Kiai Ma'ruf juga bersedia. Menurut dia, memang ada niat dari Kiai Ma'ruf untuk mengimplementasikan gagasan dan idenya tentang ekonomi keumatan.

Ia menilai, selama ini Kiai Ma'ruf dikenal sebagai orang yang banyak berbicara tentang ekonomi keumatan. Namun, dalam pelaksanaannya selalu dilakukan orang lain. "Saat ini kiai dipercaya untuk jadi calon eksekutif, tentu dia mau terjun langsung untuk menerapkan konsep-konsepnya," ujar Masduki.

Menurut dia, permasalahan kesenjangan ekonomi di Indonesia yang ada saat ini sangat cocok ditangani oleh Kiai Ma'ruf. Dengan terjun langsung sebagai wakil presiden, dia mengatakan, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu dapat fokus agar negara bisa mengentaskan kesenjangan ekonomi. "Kalau terjun langsung kan bisa mengatasi langsung," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES