Monday, 10 Zulqaidah 1439 / 23 July 2018

Monday, 10 Zulqaidah 1439 / 23 July 2018

Ustaz Abdul Somad Ajak Masyarakat Pahami Makna Sunah

Rabu 11 July 2018 19:57 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Ani Nursalikah

Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menjalani sunah sama halnya dengan menyambung silahturahim dengan Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengukuhkan Ustaz Abdul Somad sebagai Duta Zakat Nasional. Dalam kegiatan ini ditandai dengan tabligh akbar bertema ‘Menjalani Kehidupan Mengikuti Sunah’.

Pantauan Republika.co.id, kegiatan ini dihadiri ratusan umat di Masjid Baitussalman, Perumahan The Green BSD Serpong. Ustaz Abdul Somad hadir pukul 16.50 WIB dan diakhir dengan shalat magrib berjamaah.

Ustaz menyampaikan beberapa hal yang perlu dilakukan masyarakat dalam menjalani kehidupan sekaligus menerapkan ajaran sunah Rasulullah. “Sunah merupakan bentuk kebiasaan ucapan, perbuatan dan tingkah laku yang bersumber pada Rasulullah,” ujarnya, Rabu (11/7).

Ia mencontohkan beberapa kegiatan sederhana bisa dijadikan kebiasaan masyarakat dalam mengikuti sunah Rasulullah. “Biasanya ibu-ibu sebelum kegiatan menggunakan lipstik tapi sunah bagi ibu-ibu, ada juga bapak-bapak sunah alias kebiasaan ngopi setiap pagi. Lalu anak perempuan menggunakan kerudung karena mengikuti ibunya yang mengikuti sunah Rasulullah. Mudah memahami makna sunah. Semua dilakukan karena Allah bukan bergerak karena manusia,” ucapnya.

Ia juga meminta masyarakat terus menjaga ukhuwah islamiyah. Apabila di sekitar lingkungan terjadi perbedaan maka harus disikapi dengan baik dan bijak.

“Memakai jenggot atau berserban itu sunah Rasulullah. Jangan berantem kalau ada perbedaan pendapat, karena tugas kita menjaga ukhuwah islamiyah. Kita sering menyalahkan orang lain. Hubungan menjadi rusak ketika ada teknologi sudah menjamur.,” ucapnya.

Ia pun menyebut jika masyarakat menjalani kehidupan mengikuti sunah, maka bisa muncul kerendahan hati yang dianjurkan Rasulullah. “Menjalani sunah sama halnya dengan menyambung silahturahim kita dengan Allah,” ucapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES