Saturday, 9 Syawwal 1439 / 23 June 2018

Saturday, 9 Syawwal 1439 / 23 June 2018

UPZ RSI Sultan Agung Tebar Beasiswa untuk 225 Siswa

Senin 11 June 2018 16:57 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

Penyerahan bantuan Beasiswa Cahaya Pintar.

Penyerahan bantuan Beasiswa Cahaya Pintar.

Foto: Dokumen.
Beasiswa diberikan untuk meningkatkan semangat siswa dalam upaya menuntut ilmu.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ramadhan kali ini menjadi berkah tersendiri bagi 225 siswa SD, SMP, dan SMA dari sejumlah wilayah, di Kota Semarang, Jawa Tengah. Mereka menerima beasiswa dari dana umat (para karyawan) yang dikelola oleh Unit Pelaksana Zakat (UPZ) RSI Sultan Agung Semarang.

Ke-225 siswa ini terdiri atas 70 siswa SD, 75 siswa SMP, serta 80 siswa SMA. Masing- masing siswa SD menerima beasiswa sebesar Rp 500 ribu. Sedangkan tiap siswa jenjang SMP menerima beasiswa Rp 600 ribu dan siswa jenjang SMA masing- masing menerima beasiswa sebesar Rp 700 ribu.

Direktur Utama (Dirut) RSI Sultan Agung, dr H Masyhudi, mengatakan Ramadhan menjadi momentum bagi umat muslim untuk memperbanyak ibadah dan amalan. Bagi keluarga besar RSI Sultan Agung Semarang, memperbanyak amalan di bulan yang berlimpah berkah ini tak hanya diwujudkan dengan memperbanyak itikaf atau dengan tadarus Alquran.

Melalui UPZ, RSI Sultan Agung juga menebar beasiswa, melalui program ‘Beasiswa Cahaya Pintar’ bagi 225 siswa SD, SMP, dan SMU. “Beasiswa ini diberikan untuk meningkatkan semangat siswa dalam upaya menuntut ilmu,” ujarnya, Senin (11/6).

Ilmu, kata dr Masyhudi, sangat penting untuk dikuasai oleh setiap umat Muslim. Karena jika ingin ‘menguasai’ dunia dan akhirat, harus dengan memperbanyak ilmu.

Mengutip (QS al Mujadilah: 8), Alquran mengajarkan seseorang yang berilmu akan dimuliakan dan diangkat derajatnya. “Allah SWT akan meninggikan orang- orang yang beriman di antaramu dan orang- orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat,” katanya

Terkait dengan beasiswa ini, Masyhudi juga menyampaikan, selain memperoleh uang tunai untuk biaya pendidikan, siswa juga mendapatkan seperangkat tas dan peralatan belajar.

Siswa yang memperoleh beasiswa diseleksi tidak hanya dilihat dari kemampuan finansialnya, namun juga juga prestasi di sekolah. Seleksi tersebut telah dilakukan tim UPZ RSI Sultan Agung dilakukan selama bulan Ramadhan ini.

UPZ RSI Sultan Agung merupakan badan yang menghimpun dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) potensi karyawan RSI Sultan Agung. “Selain pemberian beasiswa, pemanfaatannya juga untuk membantu pasien yang kesulitan pembiayaan dan beberapa hal yang terkait kemaslahatan umat,” jelasnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES