Sunday, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Sunday, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Sambut Ramadhan, BMH Yogyakarta Adakan Bersih-Bersih Masjid

Rabu 16 May 2018 13:51 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Yusuf Assidiq

Relawan BMH melakukan bersih masjid.

Relawan BMH melakukan bersih masjid.

Foto: Dokumen.
Tercatat lebih dari dua ratus relawan yang disebar di beberapa masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Banyak kegiatan yang diadakan umat Muslim untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Tak terkecuali Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Yogyakarta.

Bertujuan agar masyarakat lebih nyaman lagi dalam beribadah di bulan Ramadhan, BMH Yogyakarta bersama Pandu Hidayatullah mengadakan bersih-bersih masjid di beberapa lokasi di Yogyakarta, Selasa (15/5).

Kepala Divisi Program dan Pendayagunaan BMH Yogyakarta, Syai'in Kodir mengatakan, Ramadhan adalah momentum istimewa bagi umat Muslim untuk beribadah kepada Allah SWT dan masjid adalah tempatnya.

“Untuk itu kita bersihkan masjid sehingga masyarakat lebih nyaman dalam beribadah,” ujarnya.

Acara yang dimulai sejak pukul 07.00-11.00 WIB tersebut tercatat lebih dari dua ratus relawan yang disebar di beberapa masjid, dan setiap masjid dibagi menjadi 15-20 relawan.

Dalam melakukan program ini, BMH Yogyakarta telah memilih masjid-masjid di perkampungan yang sebelumnya sudah disurvei dan melaui proses pendataan terlebih dahulu. Kegiatan yang dilakukan adalah menyapu, mengepel, membersihkan karpet, membersihkan kaca, membersihkan tempat wudhu dan kamar mandi, serta membersihan halaman masjid.

Salim Abdullah, selaku takmir Masjid Nur Salam Wonolelo, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, DIY, merasa senang masjidnya dibersihkan. "Kita sangat senang dan berterima kasih sekali atas kegiatan bersih-bersih ini, semoga ini menjadi amal sholih para relawan semua,” kata Salim.

Bersih-bersih masjid ini sendiri adalah salah satu rangkaian agenda menyambut Ramadhan yang diadakan oleh BMH Yogyakarta. Sebelumnya BMH Yogyakarta juga mengadakan tabligh akbar sambut Ramadhan, up-grading dai, pemeriksaan kesehatan gratis, dan santunan untuk yatim dan dhuafa.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES