Minggu, 9 Zulqaidah 1439 / 22 Juli 2018

Minggu, 9 Zulqaidah 1439 / 22 Juli 2018

Kemenag Undang Siswa Madrasah Ikuti Lomba Vlog

Sabtu 12 Mei 2018 21:13 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Ratna Puspita

Siswa madrasah (ilustrasi)

Siswa madrasah (ilustrasi)

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kompetisi ini untuk meningkatkan kecintaan dan kebanggaan siswa terhadap Madrasah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) mengundang siswa madrasah untuk mengikuti lomba video blog. Lomba yang digelar oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag ini untuk menyemarakkan Kompetesi Sains Madrasah (KSM) 2018.

“Untuk semarak Kompetisi Sains Madrasah tahun 2018, kami sengaja menggelar Kompetisi Video Blog bagi siswa madrasah,” ujar Direktur KSKK Madrasah Ahmad Umar dalam siaran persnya, Sabtu (12/05).

Menurut Umar, kompetisi ini bertujuan meningkatkan kecintaan dan kebanggaan siswa terhadap Madrasah. Selain itu, dia berharap, event bertajuk KSM 2018: Vlog Competition ini dapat menumbuhkan kreativitas siswa sekaligus menjadi ruang ekspresi dan aktualisasi minat bakat mereka. 

“Kami juga ingin mengembangkan kemampuan public speaking siswa madrasah, serta menguatkan jati diri madrasah,” ucapnya.

Kompetesi Vlog ini diperuntukan bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Indonesia. Beberapa tema yang bisa diangkat dalam video blog itu, antara lain menceritakan keseharian, pengalaman unik belajar sains di Madrasah, tips dan trik tentang belajar sains yang mudah dan menyenangkan, dan sejenisnya.

Vlog juga bisa menceritakan hal-hal unik yang hanya terjadi di lingkungan madrasah seperti wajib hafalan Juz Amma, membuat paper berbahasa arab. Terakhir, tema vlog, yakni menceritakan apa yang akan dilakukan jika menjadi seorang yang ia cita-citakan di masa depan.

Peserta dapat memilih lebih dari satu tema vlog sesuai minat dan idenya. Setiap peserta maksimal mengirim tiga vlog yang original dan belum dipublikasikan. 

“Durasi setiap vlog, minimal tiga menit dan maksimal lima menit,” kata Umar.

Umar menambahkan, pengumuman pemenang akan disampaikan saat puncak acara KSM 2018 di Bengkulu. Direktorat KSKK Madrasah telah menyiapkan hadiah buat para pemenang. Untuk juara I akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp 5 juta, runner-up sebesar Rp 3,5juta, dan peringkat III sebesar Rp 2,5juta.

“Perlombaan ini gratis alias tanpa dipungut biaya," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES