Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Senin, 3 Zulqaidah 1439 / 16 Juli 2018

Ustaz Fadlan: Aceh Besarkan Indonesia di Mata Internasional

Ahad 15 April 2018 19:35 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ani Nursalikah

Ustaz Fadlan Garamatan saat memberikan tausiah dalam Tabligh Akbar di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Ahad (15/4).

Ustaz Fadlan Garamatan saat memberikan tausiah dalam Tabligh Akbar di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Ahad (15/4).

Foto: Republika/Febrian Fachri
Fadlan meyakini Aceh berperan penting menjaga kedaulatan Islam dan NKRI.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Ustaz Fadlan Garamatan mengatakan provinsi Nanggroe Aceh Darussalam turut berkontribusi membesarkan nama Indonesia di mata dunia internasional. Ulama asal Papua itu mengatakan hal itu dibuktikan dengan penyediaan bantuan beras beribu-ribu ton untuk korban konflik di berbagai negara Timur Tengah, seperti di Suriah dan Gaza.

"Bantuan beras dari Aceh ini membesarkan Indonesia di mata internasional. Aceh mewarnai kebangkitan Indonesia," kata Ustaz Fadlan dalam tabligh akbar jelang pelepasan bantuan 1.000 ton beras untuk Suriah di depan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Ahad (15/4).

Tradisi Aceh sejak duluu memang punya gagasan besar untuk Indonesia, terutama dalam ide keislaman. Aceh, kata dia, adalah penanda masuknya peradaban Islam ke Indonesia yang ditandai dengan berdirinya kerajaan Samudera Pasai sebagai kerajaan Islam pertama di Indonesia.

Sampai saat ini tradisi keislaman di provinsi Serambi Makkah ini, menurutnya, masih terjaga di mana Aceh menjadi provinsi yang benar-benar menegakkan syariat Islam. Fadlan meyakini ke depannya Aceh akan terus bangkit dan memegang peranan penting dalam menjaga kedaulatan Islam dan menjaga NKRI.

"Dulu, Aceh jadi penanda peradaban Islam masuk ke negeri ini. Kini Aceh akan mengukir peradaban baru Indonesia. Aceh akan mewarnai kebangkitan Indonesia," ujar Ustaz Fadlan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES