Tuesday, 5 Syawwal 1439 / 19 June 2018

Tuesday, 5 Syawwal 1439 / 19 June 2018

Instagram Harus Jelaskan Alasan Pemblokiran Akun Ustaz Somad

Ahad 25 February 2018 14:03 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Bayu Hermawan

Ustadz Erick Yusuf membacakan doa saat pembukaan Anugerah Syariah Republika (ASR) 2017 di Jakarta, Rabu (6/12) malam.

Ustadz Erick Yusuf membacakan doa saat pembukaan Anugerah Syariah Republika (ASR) 2017 di Jakarta, Rabu (6/12) malam.

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Ustaz Erick Yusuf menegaskan Instagram harus menjelaskan alasan pemblokiran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Lembaga Dakwah IHAQI Ustaz Erick Yusuf menegaskan, pihak Instagram harus memperjelas alasan diblokirnya akun Ustaz Abdul Somad. Sebab, hal ini juga dapat berpengaruh kepada aktivitas dakwah ulama lainnya di media sosial tersebut.

Selama ini yang diketahui oleh Ustaz Erick Yusuf, aktivitas dakwah Ustaz Abdul Somad di media sosial tidak mengandung konten- konten yang dilarang, seperti kekerasan ataupun pornografi. "Tolong segera bagi pihak Instagram untuk klarifikasi. Jelaskan kenapa di-banned. Agar supaya kami (para ulama) bisa menentukan posisi, apakah kami tetap gunakan medsos atau tidak," ujar Ustaz Erick Yusuf kepada Republika.co.id, Ahad (25/2).

Ustaz Erick menjelaskan, saat ini sudah banyak ulama- ulama yang menggunakan sosial media seperti Instagram dan Facebook untuk berdakwah. Diblokirnya akun Instagram milik Ustaz Abdul Somad ini menurutnya menunjukkan bahwa ada sebagian orang yang tidak nyaman dengan dakwah Ustaz Abdul Somad yang padahal berisi konten- konten kebaikan. Ia menilai hal ini akan menjadi berbahaya ketika interpretasi umat muslim bahwa ustaz- ustaz dimusuhi.

"Jangan sampai umat Islam jadi merasa dimusuhi," ucapnya.

Apabila merasa dimusuhi, lanjut Ustaz Erick, para ulama tidak akan lagi menggunakan media sosial sebagai tempat untuk berdakwah. Tentunya ini juga akan berdampak kepada akun- akun lainnya yang mengakses akun- akun media sosial para ulama tersebut.

"Kalau merasa dimusuhi, kita merasa sakit hati, para ustad, ulama, guru- guru kita, tidak bisa lagi mensyiarkan dakwah- dakwahnya lewat Facebook dan Instagram, bisa kita tinggalkan sama-sama. Jadinya isinya tinggal maksiat semua," kata Erick.

Untuk itu, ia berharap agar pihak Instagram segera mengklarifikasi mengenai hal ini, dan segera mengaktifkan kembali Instagram Ustaz Abdul Somad. "Agar kita (para ulama) bisa dengan jelas menyatakan posisi kita dimana," tegas Ustaz Erick.

Republika.co.id pada pagi ini berusaha membuka akun Instagram Ustaz Abdul Somad. Namun, alamat jaringan www.instagram.com/ustadzabdulsomadhanya menampilkan kata-kata 'halaman tidak tersedia'.

Sebelumnya banyak netizen yang mempertanyakan soal akun instagram Ustaz Abdul Somad tidak bisa diakses. Salah satunya adalah Wali Kota Bandung nonaktif Ridwan Kamil (Kang Emil) melalui postingan instagramnya.

"@instagram, apa alasan Anda memblokir akun @ustadzabdulsomad? Saya pikir konten beliau selalu positif. Banyak orang, termasuk saya, yang belajar hal positif terutama yang berkaitan dengan isu agama. Semoga tim @instagram membuka kembali akun @ustadzabdulsomad," tulis Kang Emil di akunnya.

Selain Kang Emil, hal tersebut juga dipertanyakan oleh Felix Siauw. Ustad ini menilai bahwa konten Ustad Abdul Somad selalu bermanfaat.

"Akun @ustadzabdulsomad sedang tidak bisa diakses. Padahal manfaatnya sangat banyak bagi ummat yang saat ini rindu dengan ulama-ulama ikhlas dan tegas dalam kebaikan.

Mohon doanya agar usaha memulihkan akun @ustadzabdulsomad bisa berlangsung baik. Bagi yang punya akses ke @instagram Indonesia, juga bisa ditanyakan, mengapa ini bisa terjadi. InsyaAllah dakwah pasti akan selalu menemukan jalan kebaikan," tulis Felix Siauw.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES