Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

Rabu, 8 Safar 1440 / 17 Oktober 2018

Mihrab Nabi Muhammad SAW Kini Digunakan Sepanjang Waktu

Selasa 09 Jan 2018 12:44 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Agus Yulianto

Mihrab di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Mihrab di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Foto: Republika/Yogi Ardhi/ca

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Mihrab Nabi Muhammad SAW akhirnya mulai digunakan lagi untuk shalat berjamaah. Imam Masjid Nabawi di Madinah, Sheikh Abdullah bin Abdulrahman Al-Baijan mulai menggunakannya untuk memimpin shalat Zuhur pada Ahad (7/1).

Ia menjadi imam di ruang suci, Al-Rawda Al-Sharifa setelah keputusan bulan lalu yang menyebut mihrab akan kembali digunakan untuk shalat setiap hari dan juga shalat Jumat. Para jamaah pun diizinkan mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW dan kedua sahabat Abu Bakar juga Umar setelah selesai shalat.

Selama 25 tahun sebelumnya, imam memimpin shalat dalam mihrab lain. Dilansir Arab News, makam Nabi Muhammad SAW dapat dikunjungi dengan memasuki Pintu Al-Salam, melewati fasad makam, dan keluar melalui Pintu Baqi.

Mihrab Nabi Muhammad SAW sudah dipindahkan sejak Desember tahun lalu. Pada saat itu, penempatan kembali disaksikan oleh para jamaah. Mihrab pun digunakan hanya untuk shalat Jumat.

Menurut otoritas setempat, mihrab awalnya hanya akan digunakan untuk shalat-shalat dengan jamaah besar. Seperti juga shalat Id, tawarih, dan shalat malam.

Namun akhirnya, otoritas menyebut mihrab kini digunakan untuk shalat lima waktu juga. Mihrab ini terakhir kali digunakan 25 tahun lalu pada 1414 H oleh Sheikh Ali Al-Huzaifi sebelum berganti mihrab lain.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA