Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Gus Ipul Ingatkan Masyarakat untuk Memakmurkan Masjid

Rabu 27 Dec 2017 15:00 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani

Masjid

Masjid

Foto: Republika/Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf minta masyarakat untuk selalu memakmurkan masjid, lewat berbagai kegiatan. Sehingga, masjid yang berdiri megah bukan semata hanya untuk kegiatan shalat wajib lima waktu saja.

Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu menjabarkan kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan di masjid. Menurutnya, masjid menjadi tempat terbaik untuk melaksanakan tadarus Alquran. Selain itu, masjid juga sejatinya menjadi majelis dzikir, Taman Pendidikan Alquran (TPQ), sampai kegiatan perkoperasian.

"Jika hanya digunakan sebagai tempat beribadah saja, maka masjid pasti lebih sering tutup daripada buka. Karena itu, mari kita makmurkan masjid dengan berbagai kegiatan positif, khususnya keagamaan. Sehingga masyarakat sekitar lebih saleh, yakni saleh secara sosial dan saleh secara spiritual," kata Gus Ipul di Surabaya, Rabu (27/12).

Masih dalam rangka meningkatkan keshalehan sosial dan spiritual, Gus Ipul juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan Doa, Usaha, Ilmu, dan Tawakkal (Duit). Duit tersebut menurutnya merupakan senjata dalam mewujudkan impian-impian masyarakat.

Gus Ipul melanjutkan , doa adalah senjata umat manusia untuk mewujudkan impiannya. Selain itu, doa juga merupakan inti ibadah. Artinya, jika umat manusia secara konsisten berdoa, maka impiannya akan terwujud, meski kapan diwujudkannya adalah hak mutlak Allah SWT.

"Doa pasti akan diijabahNya. Tapi soal kapannya itu urusan Allah SWT. Doa kita bisa diwujudkan oleh Allah SWT saat kita di dunia atau akherat. Bisa juga dikabulkannya bukan kepada kita, tapi kepada keturunan kita," ujar Gus Ipul.

Setelah berdoa, lanjut Gus Ipul, umat harus berusaha atau berikhtiar untuk mewujudkan impian. Sebagaimana dicontohkan oleh Baginda Rasulullah SAW. Gus Ipul menjelaskan, meski Nabi Muhammad SAW adalah orang yang dijamin masuk surga, tapi beliau tetap rajin beribadah.

Setelah doa dan usaha dilakukan, selanjutnya adalah memiliki ilmu yang cukup. Baik ilmu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, maupun untuk memahami apa yang telah diciptakanNya. Terakhir adalah tawakkal, artinya berserah diri kepada Allah SWT atas apa yang telah dikerjakan maupun dilakukan. Dengan bertawakal seseorang akan menjadi lebih sukses dalam meraih mimpinya, kata Gus Ipul.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA