Sunday, 9 Zulqaidah 1439 / 22 July 2018

Sunday, 9 Zulqaidah 1439 / 22 July 2018

Rasulullah Sering Gunakan Zaitun untuk Pengobatan

Selasa 10 October 2017 11:52 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Esthi Maharani

zaitun

zaitun

Foto: Muslim Village

REPUBLIKA.CO.ID, Zaitun ditemukan secara ekstensif di Asia minoritas (Palestina), Yunani, Portugal, Spanyol, Turki, Italia, Afrika Utara, Aljazair, Tunisia, negara bagian California di Amerika, Meksiko, Peru dan Australia bagian Selatan.  Tanaman zaitun membentang setinggi tiga meter. Daunnya berwarna hijau cerah dan sangat menarik, buahnya berwarna kebiruan atau violet.

Meskipun buah zaitun yang dikonsumsi langsung dari tanaman sangat bergizi, mereka biasanya tidak dimakan karena ada rasa metaliknya. Sementara versi acar banyak dikonsumsi di Eropa. Zaitun diawetkan dalam cuka dan diimpor dari Spanyol, Italia, Prancis, Turki dan Yunani, serta disukai di Eropa dan negara-negara Arab. Minyak zaitun adalah pengawet yang baik untuk makanan lain seperti ikan sarden dan ikan lainnya.

Zaitun sudah digunakan dengan berbagai cara di zaman kuno. Kapal-kapal yang penuh dengan minyak zaitun telah ditemukan di antara barang-barang lainnya, saat penggalian kuburan Mesir kuno. Menurut para ahli Hadits, ketika Banjir Besar mereda, hal pertama yang terlihat di bumi adalah pohon zaitun.

Rasulullah SAW pun banyak menggunakan zaitun dalam berbagai pengobatan. Terlebih manfaat zaitun dijelaskan dalam Alquran Surat At-Tin.

Menurut Tirmidzi dan Ibnu Majah, Sayyid Al-Ansari meriwayatkan bahwa Nabi (saw) berkata, "Makanlah minyak zaitun dan pijatlah di atas tubuh Anda karena ini adalah pohon suci (mubarak)".

Menurut Ibn Al-Juzi, Zanbi, Alqama Ibn Amir meriwayatkan bahwa Nabi (saw) mengatakan, "Ada minyak zaitun untuk Anda; makanlah, pijat di atas tubuh Anda, karena ini efektif untuk wasir".

Basoor melaporkan bahwa Aqba Ibn Amir meriwayatkan bahwa Nabi (saw) menyatakan, "Anda memiliki minyak zaitun dari pohon suci ini (mubarak); manjakan diri Anda dengan ini, karena ini menyembuhkan penyakit anus".

Abu Na'im melaporkan bahwa Abu Hurairah menceritakan bahwa Nabi (saw) menyatakan, "Makanlah minyak zaitun dan aplikasikan (secara lokal), karena ada obat untuk tujuh puluh penyakit di dalamnya, [dan] salah satunya adalah kusta".

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES