Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Aplikasi Qsoft Permudah Penggalian Data Alquran

Sabtu 05 Aug 2017 14:30 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agus Yulianto

Alquran digital (Ilustrasi)

Alquran digital (Ilustrasi)

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PB Wanita Al-Irsyad, Indonesia Mahir Quran, dan Kita Data menyelenggarakan One Day Training Qsoft Penggalian Data Qurani Tematik di Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq pada Sabtu (5/8). Puluhan peserta dari 19 organisasi kepemudaan dan umum, mengikuti pelatihan tersebut guna mahir menggunakan Aplikasi Qsoft.

"Tujuan diselenggarakannya acara ini untuk menjaring dan mengumpulkan organisasi pemuda dan peserta umum, supaya mereka mengenal Aplikasi Qsoft," kata Koordinator One Day Training Qsoft Penggalian Data Qurani Tematik, Atika Aziz Balwe'el kepada Republika.co.id, di Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq, Sabtu (5/8).

Aplikasi Qsoft penting dipelajari dan disebarluaskan karena sangat bermanfaat untuk umat Islam. Melalui Aplikasi Qsoft siapa saja bisa menggali data apapun yang terdapat dalam Alquran dengan lebih mudah. Sehingga, kaum muda bisa terbantu saat melaksanakan dakwahnya.

Atika yang juga Ketua Keputrian PB Wanita Al-Irsyad mengtakan, dengan menggunakan Aplikasi Qsoft, hasil dakwah akan lebih maksimal. Sehingga, umat Islam bisa lebih maju lagi. Diharapkan, melalui training qsoft hari ini dapat menanamkan kepada para peserta supaya lebih memahami dan mencintai Alquran.

Dia beharap, peserta bisa membaca Alquran dan memahami terjemahannya. Dengan memahami terjemahan Alquran diharapkan nilai-nilai ajaran Alquran bisa lebih diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. "Diharapkan peserta yang mengikuti one day training qisoft bisa menggunakan aplikasi qsoft untuk menggali data Alquran," ujarnya.

Qsoft merupakan sistem aplikasi berbasis data Alquran yang dirancang menjadi software. Penggunanya bisa menggali data Alquran dengan sistem pencarian pada aplikasi. Jadi, Aplikasi Qsoft juga bisa bermanfaat untuk alat bantu penelitian, pembuatan skripsi, thesis dan jurnal-jurnal.

Trainer Qsoft dari Data Studio Bandung, Adhia Nugraha menerangkan, cara penggunaan Aplikasi Qsoft. Misalkan pengguna aplikasi mencari kata Musa di dalam Alquran. Setelah dicari, Aplikasi Qsoft akan menunjukan seluruh kata Musa yang ada di dalam Alquran. Dengan demikian, penggunanya akan lebih mudah mempelajari Alquran.

"Salah satu ulama terkenal pada abad ke-10 mengatakan, tingkat tertinggi dari keilmuan Alquran adalah koherensinya," ujranya.

Menurutnya, aplikasi Qsoft dapat membantu penggunanya untuk lebih memahami isi Alquran. Sehingga bisa lebih mudah lagi mencari koherensi ayat-ayat Alquran. Melalui Aplikasi Qsoft juga dapat mengoptimalisasikan data Alquran. Sehingga aplikasi ini bisa menjadi poros pikir umat.

Ia juga menyampaikan, masyarakat umum bisa mengunggah Aplikasi Qsoft secara gratis dari internet. Konten dalam Aplikasi Qsoft hasil pengumpulan data dan penelitian selama belasan tahun.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA