Senin, 10 Rabiul Akhir 1440 / 17 Desember 2018

Senin, 10 Rabiul Akhir 1440 / 17 Desember 2018

Tips Mendekatkan Diri kepada Allah dari Ustaz Erick Yusuf

Sabtu 22 Jul 2017 17:39 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Pendiri lembaga dakwah iHaqi, Ustadz Erick Yusuf, memberikan kajian di Hijabersmom Community di Kebayoran lama, Jakarta Selatan, Sabtu (22/7).

Pendiri lembaga dakwah iHaqi, Ustadz Erick Yusuf, memberikan kajian di Hijabersmom Community di Kebayoran lama, Jakarta Selatan, Sabtu (22/7).

Foto: Dokumentasi Ustaz Erick Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri lembaga dakwah iHaqi, Ustadz Erick Yusuf, punya kiat khusus agar umat Islam bisa mendekatkan diri kepada Allah. Di hadapan ibu-ibu komunitas hijabers, Ustaz Erick memberikan kajian di Hijabersmom Community di Kebayoran lama, Jakarta Selatan, Sabtu (22/7).

Ia mengatakan, menjalin kedekatan diri kepada Allah bisa disebut juga ma'rifatullah. Cara pertama, kata dia, manusia harus ta'aruf (kenal/mengenal). Untuk mengenal Allah itu dilakukan dengan beribadah. "Beribadah dengan khusyu dan ikhlas benar benar untuk Allah. Seperti dalam Surah Adz-Dzariyaat ayat 56 yang berbunyi, 'Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku'," kata Ustaz Erick.

"Bisa juga nih para sahabat sekalian mengamalkannya untuk PDKT sama seseorang. Taaruf dulu saling mengenal dulu, apabila ada perbedaan, sesungguhnya perbedaan itu adalah sebuah manfaat. Karena kita bisa saling bertukar pikiran untuk saling mengenal satu sama lain," ucap dia.

Kalau sudah ta'aruf, kata Ustaz Erick, baru ke tahap selanjutnya yakni tafahum (saling memahami satu sama lain). Setelah itu masuk ke tahap berikutnya yaitu ta'awun atau saling menolong.

"Udah sedeket itu kita masuk lagi tuh ke tahap selanjutnya, yaitu ta'fakul atau saling memikul beban. Nah udah deh deket tuh malah deket banget kan sama si someone itu. Balik lagi kita ke mengenal Allah, sampai mana kita mengenal Allah? Ayo kita intropeksi diri masing masing, udah sampe mana sih? Kalo masih jauh sama Allah jangan ngarep deh kita bisa deket dengan pertolongan Allah."

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES