Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

Tuesday, 10 Zulhijjah 1439 / 21 August 2018

PAKIS Kemenag DKI Jakarta Apresiasi Wisuda TPQ-TK Binaan Riayatul Ummah

Rabu 24 May 2017 17:48 WIB

Red: Agung Sasongko

Peserta Wisuda TPQ dan TK Binaan LPGDM Riayatul Ummah di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu (24/5).

Peserta Wisuda TPQ dan TK Binaan LPGDM Riayatul Ummah di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu (24/5).

Foto: ROL/Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta  mengapresiasi terhadap Lembaga Pembinaan Generasi Dini Muslim Riayatul Ummah membina Taman Pendidikan Quran dan Taman Kanak-Kanak (TK) se-Jabodetabek. Upaya yang dilakukan merupakan kegiatan yang perlu ditiru.

Kepala Bidang PAKIS Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Komaruddin mengatakan, LPGDM Riayatul Ummah telah menjalankan misi Rasulullah bagaimana menciptakan generasi Muslim yang cinta Alquran. "Apa yang dilakukan sangat tepat guna menyiapkan generasi Muslim untuk jenjang yang lebih tinggi," kata dia saat berbincang dengan Republika.co.id, disela Wisuda Santri TPQ dan TK Mitra LPGDM Riayatul Ummah, Rabu (24/5).

Menurutnya, 1.500 wisuda bukanlah jumlah yang sedikit. Apalagi ditengah digalakkannya pendidikan Alquran sejak dini. Sehingga apresiasi tinggi perlu disematkan kepada LPGDM Riayatul Ummah. "Terlebih tidak semua orangtua memiliki kemampuan untuk mendidik anaknya pembelajaran Alquran," kata dia.

Untuk itu, pihaknya siap memfasilitasi LPGDM Riayatul Ummah untuk lebih memperluas ruang binaan dengan mempermudah izin pembukaan Taman Pendidikan Quran di setiap wilayah. Harapannya, dapat mempermudah anak-anak mendapatkan pendidikan Alquran yang tepat guna.

"Pada gilirannya kita Kementerian Agama untuk menyiapkan jenjang pendidikan Alquran yang lebih pendek. Fasilitas yang lebih pendek lagi, mempermudah pemberian izin operasional TPQ," kata dia.

Sebelumnya, LPGDM Riayatul Ummah mewisuda 1.500 anak dari TPQ dan TK binaan se-Jabodetabek. Yang menarik, peserta wisuda juga berasal dari TPQ Tegal, Jawa Tengah. Dalam wisuda tersebut, diberikan apresiasi terhadap TPQ terbaik dan wisudawan terbaik yang hafal Alquran.

Ketua Dewan Direksi LPGDM Riayatul Ummah, Hj. Sunarsih Wijaya, SE mengungkapkan rasa suka citanya dengan terselenggaranya wisuda. Panitia bahu-membahu menyiapkan acara.

Umi Nini begitu ia akrab disapa mengatakan, peserta mendapatkan pengalaman belajar tentang rukun Islam, Aqidah dan Akhlak Ummat Nabi Muhammad, SAW serta penggalaman bersaudara dengan saudara Muslim.

''Anak kita, adalah amanah yang Allah titipkan kepada kita untuk dididik dan diajarkan tentang kemuliaan Nabi Muhammad SAW, kemuliaan agama Islam yang dianutnya dan tentang kemuliaan yang Allah berikan bagi umat Islam sebagai umat Nabi Muhammad,''ujar Umi Nini.

Beberapa waktu lalu, LPGDM Riayatul Ummah juga menyelenggarakan Super Camp. Dalam penyelenggaraanya, Super Camp ini mendidik anak-anak untuk menjadi pemimpin. Semisal, ada anak-anak yang dilatih menjadi lurah, camat, dan wali kota.

Setiap anak-anak diberikan materi berupa panduan Alquran untuk menjadi pemimpin. Seperti, bagaimana panduan anak-anak dalam menyiapkan program kebersihan. Maka dipaparkan rujukan Alquran tentang prilaku hidup bersih."Kita harus meyiapkan generasi ini sebaik mungkin. Dengan Alquran dan Hadist sebagai rujukan," tutur Umi.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Jamaah Haji Berwukuf di Arafah

Senin , 20 August 2018, 23:56 WIB