Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Ini Cara Muslim Chiba Mengubah Persepsi Negatif Islam

Kamis 02 Mar 2017 14:50 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agus Yulianto

Seorang Muslim Jepang tengah mengumandangkan azan.

Seorang Muslim Jepang tengah mengumandangkan azan.

Foto: Aljazeera

REPUBLIKA.CO.ID, Ada cara unik yang dilakukan Komunitas Muslim di Kota Chiba, Perfektur Chiba, Jepang. Sejak September tahun lalu, puluhan warga Muslim Chiba terlibat dan berperan aktif dalam patroli yang dilakukan aparat keamanan setempat.

Program ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi komunitas Muslim, terutama yang menjadi jamaah di Masjid Chiba Inage Ward, kepada masyarakat sekitar dan mengubah persepsi negatif tentang Islam. Kegiatan patroli ini dilakukan setiap sebulan sekali.

Dalam melakukan kegiatan patroli tersebut, komunitas Muslim Chiba berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan kelompok masyarakat setempat. Biasanya, patroli tersebut dilakukan pada Ahad malam.

Dalam melaksanakan patroli, mereka mengenakan rompi bertuliskan 'Anti Kejahatan' dan topi berwarna hijau. Mereka mengawasi jika ada aktivitas yang mencurigakan di sekitar lingkungan pemukiman. Selain itu, mereka juga membantu polisi mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan.

Menurut Kepala Masjid Chiba Inage Ward, Sultan Mahmud (49 tahun), program ini mulai membuahkan hasil positif. "Sejak kami memulai program ini, banyak media di Jepang meliput kegiatan kami. Selain itu, banyak mahasiswa yang mengunjungi masjid dan tertarik tentang Islam. Kami juga lebih dekat dengan masyarakat sekitar," kata Mahmud seperti dikutip Japan Times, Kamis (2/3).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA