Kamis, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 Februari 2019

Kamis, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 Februari 2019

Inilah 3 Ciri Sosok Muslim Ideal

Jumat 13 Jan 2017 10:56 WIB

Red: Irwan Kelana

Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS (kiri).

Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS (kiri).

Foto: Irwan Kelana/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Sosok Muslim ideal adalah dambaan umat. Kehadiran mereka membawa manfaat dan maslahat bagi umat.

Seperti apakah sosok Muslim ideal itu? “Ciri sosok Muslim ideal itu dijelaskan oleh Allah SWT dalam Surah Ibrahim ayat 24-25,” kata Guru Besar IPB Bogor Prof Dr KH Didin Hafidhuddin MS saat mengisi pengajian guru dan karyawan Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI) di Masjid Al-Ikhlas Bosowa Bina Insani, Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/1/2017).

Pada kesempatan tersebut Kiai Didin membahas tafsir tematik Alquran Surah Ibrahim (surah 14) ayat 24-26, yang artinya sebagai berikut: “Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, (ayat 24) pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Rabbnya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. (ayat 25) Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi, tidak dapat tetap (tegak) sedikit pun. (ayat 26)

Ayat-ayat di atas, kata Didin, mengungkapkan ciri sosok Muslim ideal seperti digambarkan oleh Allah SWT. “Sosok Muslim yang ideal adalah yang memiliki tiga ciri atau unsur yang saling menguatkan,” tutur Didin yang juga direktur Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor.

Pertama, pohon yang baik itu akarnya teguh. “Muslim yang ideal itu mempunyai akar yang kuat, tidak mudah guncang karena angin atau badai. Akar yang kuat itu adalah tauhid atau akidah yang kuat, yang tidak mudah goyah walaupun banyak tantangan dan tekanan,” tutur Didin yang juga mantan ketua Baznas.

Kedua, kata Didin, pohon yang baik itu cabangnya menjulang ke langit. “Sosok Muslim yang ideal itu syariah atau ibadahnya kuat. Termasuk ke dalamnya adalah kuat dalam ibadahnya, kuat dalam belajarnya, kuat dalam sedekahnya, disiplin, tepat waktu, cinta orang tua, cinta guru dan lain-lain,” ujarnya.

Ciri ketiga sosok Muslim ideal, kata Didin, pohon itu memberikan buahnya. “Dari akidah dan syariah yang kuat, maka akan melahirkan akhlak yang mulia atau akhlaqul karimah. Inilah tiga ciri sosok Muslim ideal yang digambarkan oleh Allah SWT melalui firman-Nya, yakni mempunyai akidah yang kuat, ibadah yang kuat, dan akhlak yang mulia,” papar KH Didin Hafidhuddin.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA