Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

JK: Masjid Berperan Penting dalam Aksi Damai 212

Senin 05 Dec 2016 17:11 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agung Sasongko

Jusuf Kalla

Jusuf Kalla

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mengatakan, peran masjid sangat penting dalam aksi damai 2 Desember kemarin. Masjid menjadi tempat menampung dan menginap para peserta aksi yang jumlahnya sangat besar.

"Sekiranya tidak ada masjid, saya kira susah juga mengumpulkan banyak orang di Jakarta ini. Tapi Alhamdulillah semua masjid memperlihatkan ketulusan dan keterbukaannya. Dan itulah salah satu fungsi masjid," ucapnya, saat membuka Rakernas Dewan Masjid Indonesia, Senin (5/12).

Masjid, kata dia, juga dapat berperan dalam pencegahan peredaran narkoba di kalangan masyarakat Muslim. Upaya pencegahan peredaran narkoba ini tidak hanya melalui ceramah yang diberikan oleh para ulama di masjid, namun juga upaya masyarakat Muslim secara bersama-sama.

Selain itu, ia juga menyebut kerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) diperlukan lantaran jumlah penduduk di Indonesia yang tak sedikit juga mayoritasnya merupakan masyarakat Muslim. Bahkan, JK menyebut Indonesia menjadi contoh bagi negara-negara Islam lainnya dalam merencanakan keluarga.

"Jadi kalau di keluarga berencana, kitalah pelopor keluarga berencana di dunia ini yang berbasis keagamaan. Dulu hanya orang berbasisnya keterpaksaan, masalah ekonomi," kata JK.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA